BKD Usul Lokasi Tes CPNS di SMKN 1 Kendari

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Para pemburu NIP harus bersiap. Sinyal dimulainya pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) kian dekat. Hari ini, Pemprov melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra akan mengikuti rapat penentuan lokasi tes di Badan Kepegawaian Negara (BKN) regional IV Makasar. Tidak hanya bagi CASN, namun juga calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Sultra, Kadir mengatakan rapat tersebut akan dikuti oleh perwakilan seluruh BKD baik provinsi dan kabupaten/kota di wilayah regional IV BKN Makassar. “Esok (hari ini, red), kita diundang ke Makasar. Poin yang akan dibahas tentang penetapan titik lokasi tes dan persiapan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB),” beber Kadir saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/6).

Kadir

Untuk BKD Sultra lanjutnya, sampai saat ini tidak berubah. Lokasinya tetap sama dengan pelaksanaan seleksi tahun lalu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kendari. “Saya sendiri yang akan berangkat ke Makassar. Di sana akan kita sampaikan lokasi tes yang telah dipilih termasuk alasannya,” jelasnya.

Seleksi kali ini kata dia, akan berlangsung secara simultan baik CASN maupun PPPK. Diperkirakan, seleksi CASN yang akan didahulukan. Setelah itu baru menyusul PPPK. “Tapi ini masih dugaan awal. Untuk teknisnya, kita belum tahu seperti apa. Sebab semuanya bisa berubah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) telah mengeluarkan Permenpan nomor 27, 28 dan 29 tahun 2021, tentang petunjuk pelaksanaan CPNS dan PPPK non kesehatan dan PPPK non guru. “Namun dalam Permenpan itu, untuk waktu pelaksanaan belum dijelaskan. Sehingga, untuk jadwal pasti pelaksanaan seleksi belum dapat kita sampaikan, ” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubbid) Formasi BKD Sultra Hadrawati Yusuf menambahkan untuk formasi tahun ini terdiri tiga formasi dengan jumlah sebanyak 1.150 kursi. Yakni formasi umum CASN, formasi PPPK guru, dan formasi PPPK non guru.

Adapun formasi umum CPNS terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 27 dan tenaga teknis 23. Sementara untuk formasi PPPK guru berjumlah 1.035. Selanjutnya formasi PPPK non guru terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 63 dan tenaga teknis sebanyak 2 formasi,” kata Hadrawati. (b/rah)

Tinggalkan Balasan