Ir. Munawar Taligana : Pemkab Fokus Realisasikan Lima Aspek Pembangunan

Konawe

KENDARINEWS.COM — Arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Konawe tahun ini lebih menitikberatkan pada dua aspek. Aspek tersebut masing-masing penguatan infrastruktur wilayah dan potensi ekonomi lokal, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dua aspek yang dijadikan tema pembangunan tahun 2021 itu, akan diwujudkan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Konawe dalam lima prioritas. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konawe, Ir. Munawar Taligana, Kamis (4/3). Ia mengatakan, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) nomor 42 tahun 2020 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021, dua aspek itu menjadi tema pembangunan yang bakal direalisasikan Pemkab pada tahun ini.

“Dari tema pembangunan itu, penjabarannya dimasukkan kembali dalam lima prioritas. Yang pertama, peningkatan kualitas SDM melalui pemerataan layanan dasar. Kedua, pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan sarana pendukungnya pada kawasan strategis, serta revitalisasi kota Unaaha. Prioritas ketiga, perluasan stimulan bagi sumberdaya ekonomi lokal pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Keempat, peningkatan kinerja birokrasi dan pengintegrasian sistem teknologi infrastruktur dalam penyelenggaraan pemerintahan. Prioritas terakhir, mendorong perluasan investasi dalam daerah untuk terbukanya ruang usaha bagi masyarakat,” paparnya panjang lebar.

Lima penjabaran itu dikolaborasikan ke tiap-tiap organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rencana kerja (Renja). Itulah yang dituangkan dalam KUA-PPAS dan ditetapkan DPRD Konawe. “Jadi sekarang, OPD yang akan mengerjakan program itu secara teknis. Merealisasikan penjabaran tersebut sesuai DPA masing-masing OPD,” tandas Munawar Taligana. (b/adi)

Tinggalkan Balasan