Memacu Semangat dan Optimisme Pengamalan Nilai Pancasila, Pemprov Sultra Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

KENDARINEWS.COM—Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Upacara tersebut berlangsung khidmat di Lapangan upacara Kantor Gubernur Sultra, pada hari Sabtu, 1 Juni 2024.

Upacara ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Beberapa peserta upacara tampak mengenakan pakaian adat khas daerah, memberikan nuansa kebhinekaan yang kuat.

Dalam momen ini, Andap Budhi Revianto menyampaikan pentingnya sejarah Hari Lahir Pancasila. “Sejarah mencatat bahwa pada Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) 1 Juni 1945, Ir. Soekarno dalam pidatonya menyampaikan gagasan mengenai konsep awal Dasar Negara Indonesia yang dinamai ‘Pancasila’,”kata Andap.

Andap juga mengingatkan bahwa dalam perkembangannya, Keputusan Presiden (Keppres) No 24 Tahun 2016 menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. “Saat ini dan ke depannya, mari bersama-sama kita bergotong royong, bekerja sama dan berkolaborasi untuk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa sebagai implementasi pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Penjabat Gubernur Sultra tersebut juga menekankan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila bukan hanya sekadar seremonial, tetapi harus menjadi momentum untuk memacu semangat dan optimisme dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Melalui peringatan Harlah Pancasila 1 Juni, diharapkan dapat memacu semangat dan optimisme kita semua untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia yang semakin maju, adil, makmur, sejahtera, dan modern,”tegas Andap

Di akhir pidatonya, Andap Budhi Revianto mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa agar bangsa Indonesia senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa. “Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua demi kejayaan Indonesia,” harapnya.

Acara tersebut diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan diikuti dengan berbagai penampilan budaya yang mencerminkan kekayaan dan keberagaman budaya Sulawesi Tenggara. Para peserta upacara pun terlihat antusias dan penuh semangat mengikuti rangkaian acara hingga selesai.

Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi seluruh elemen bangsa untuk memperkuat persatuan dan kesatuan serta terus berusaha untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

“Selamat memperingati HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2024! Salam Pancasila,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan