Pemkot Kendari Tandatangan Pakta Integritas Berantas Korupsi

KENDARINEWS.COM— Pemerintah Kota Kendari difasilitasi Inspektorat menandatangani Pakta integritas komitmen anti korupsi bagi kepala daerah pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Samaturu Balai Kota Kendari dan disiarkan langsung melalui akun YouTube @kendarikotagoid, Kamis (30/5/2024).

Penandatanganan ini diawali oleh Camat Baruga dan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewakili pejabat administrator, kemudian dilanjutkan Inspektur, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kepala BKPSDM Kota Kendari mewakili pejabat tinggi pratama. Penandatanganan juga diikuti pejabat lainnya. Penandatanganan ditutup oleh Pj Wali Kota Kendari dan Sekda Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengakui hasil survei integritas yang dilakukan KPK, Kota Kendari masih berada di posisi terbaik, sehingga menjadi tugas berat untuk mempertahankannya.

“Survei ini alat untuk mendiagnosis kekuatan dan kelemahan kita dalam hal integritas. Hasil dari survei ini akan menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih efektif dalam mencegah korupsi, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas,” jelasnya.

Yusup menambahkan jika perilaku anti korupsi harus tercermin dalam perilaku khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia pun menegaskan komitmen pemerintah Kota Kendari dalam mencegah korupsi, salah satunya melalui penandatanganan pakta integritas oleh pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator.

Sementara itu Inspektur Kota Kendari Sri Yuanita menjelaskan, penandatanganan pakta integritas ini merupakan tindak lanjut dari hasil survei penilaian integritas (SPI) yang diselenggarakan KPK tahun 2023.

“Penandatanganan pakta integritas ini dan sosialisasi hasil SPI adalah dua aksi dari beberapa rencana aksi yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Kemudian hasil tindak lanjut dari rekomendasi SPI kata Sri Yusnita akan dipaparkan kembali saat kunjungan KPK di Kota Kendari pekan depan. (Kn)

Tinggalkan Balasan