5 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol yang Naik Drastis

KENDARINEWS.COM–Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang dihasilkan oleh tubuh. Jika begitu, kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita semua. Namun, kadar kolesterol yang berlebih bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Ini merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, bagi penderita penyakit berbahaya ini, selain dengan obat penurun kolesterol, dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman berikut. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Sayuran hijau Sayuran merupakan salah satu jenis makanan penurun kolesterol yang tak kalah penting. Penderita kolesterol disarankan mengonsumsi sayuran setiap hari.

Selain sebagai pendamping makanan penurun kolesterol setelah makan daging, kamu bisa mengolahnya jadi jus atau smoothies.

Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi seperti bayam, katuk, dan kangkung dipercaya melindungi pembuluh darah dari plak akibat tumpukan kolesterol.

2. Susu kedelai Susu kedelai merupakan minuman yang membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Selain dari kacang kedelai, manfaat ini juga bisa diperoleh dari makanan olahannya, seperti tahu dan tempe. Menurut Harvard Health, mengonsumsi 25 gram protein kedelai (10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai) setiap hari mampu mengurangi kadar LDL hingga 5–6 persen.

3. Buah-buahan Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal (2013) menemukan buah alpukat bisa mengontrol kadar kolesterol dan memberikan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Hal itu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, terutama pada orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Selain itu, untuk menurunkan kolesterol bisa mengonsumsi buah apel, berry, dan lain-lain.

4. Oatmeal Oatmeal merupakan bahan makanan yang tinggi serat dan sering direkomendasikan untuk orang-orang dengan kolesterol tinggi. Oatmeal mengandung serat larut atau soluble fiber yang bisa mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat di dalam aliran darah. Mengonsumsi 5–10 gram serat larut per hari bisa menurunkan kolesterol LDL. Untuk meningkatkan asupan serat harian, Anda juga bisa menambahkan oatmeal dengan buah-buahan, seperti pisang atau buah beri.

5. Teh hitam Mengonsumsi teh bisa membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. Sebuah studi dalam jurnal Clinical Nutrition (2015) menemukan bahwa minum teh hitam terbukti mampu mengurangi kolesterol LDL sebesar 4,64 mg/dL. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid, yakni senyawa antioksidan dalam teh hitam yang membantu menurukan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.(genpi/jpnn)

Tinggalkan Balasan