300 UKM-IKM Ikuti Kurasi Produk Unggulan Daerah 

KENDARINEWS.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah melaksanakan kurasi terhadap sekira 300 Usaha Kecil Menengah – Industri Kecil Menengah (UKM-IKM) di Bumi Anoa. Kurasi dilaksanakan untuk menyaring produk unggulan daerah yang bisa diikutkan dalam Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) tahun depan. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Hj Sitti Saleha mengatakan, kurasi produk unggulan daerah penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas produksi UKM-IKM sehingga bisa berpartisipasi pada tingkat nasional (Gernas BBI). 

Ia mengungkapkan, ratusan produk unggulan yang mengikuti kurasi berasal dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra dengan beragam produk seperti olahan komoditi pertanian (kelapa, cokelat, mete) dan komoditi hasil perikanan (olahan ikan dan sebagainya), serta hasil kerajinan. “Nanti yang lolos bisa berpartisipasi dalam Gernas BBI,” kata Sitti Saleh. 

Sebagai bentuk dukungan, pihaknya bakal memberikan pendampingan terhadap pelaku UKM-IKM yang terpilih sehingga bisa meningkatkan kualitas produknya. 

“Gubernur sudah mengalokasikan anggaran  untuk meningkatkan daya saing UKM-IKM di Sulawesi Tenggara. Pendampingan yang diberikan berdasarkan potensi yang ada seperti produksi hasil pertanian, perikanan, kerajinan tangan dan produk lainnya,” pungkasnya. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan