Mahasiswa Ilmu Komunikasi UHO Juara Satu Nasional, Ganna Communication Acalapati (GCA) 2023

KENDARINEWS.COM– Prestasi membanggakan kembali diukir mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO). Kali ini prestasi gemilang tingkat nasional diraih mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IIkom)Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UHO bernama Nurfadillah. Ia berhasil meraih juara satu lomba tingkat nasional l, yakni Ganna Communication Acalapati (GCA) 2023 di Universitas Djuanda.

Nurfadillah yang merupakan mahasiswa semester dua Jurusan Ilkom Fisip UHO, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Universitas Djuanda dan kegiatan tersebut, dimulai 14 Mei hingga 17 Juni 2023 secara Dalam Jaringan (Daring).

“Pengumuman dilakukan di 17 Juni lalu, Alhamdulillah saya berhasil meraih juara satu, dan mendapatkan sertifikat serta uang pembinaan. Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati hari ulang tahun Ilmu Komunikasi Universitas Djuanda,” ujarnya.

Nurfadillah menuturkan, lomba yang diikuti adalah news anchor. Selain itu, ada beberapa lomba yang dipertandingkan seperti, poster dan fotografi. “Peserta yang mengikuti itu terdiri dari beberapa perwakilan universitas dari seluruh Indonesia yang berjumlah kurang lebih 40 orang,” jelasnya.

Ia pun menyebut bahwa dirinya sudah pernah mengikuti kegiatan dengan bidang yang sama.

“Sebelumnya saya melihat info lomba melalui Instagram sehingga saya tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut. Alhamdulillah saya berhasil juara. Sebenarnya saya juga agak syok karena saya tidak menyangka untuk meraih juara, melihat banyak peserta yang mendaftar dan bahkan mereka tak kalah lebih baik juga,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa adapun tema news anchor yang dilombakan, yakni BEM Universitas Halu Oleo Pamerkan Produk UMKM Mahasiswa di Pagelaran HUT Sulawesi Tenggara ke 59 tahun. Melalui kegiatan tersebut dirinya akan tetap terus bersemangat dan mengasah skill dalam bidang publik speaking.

“Harapan saya dengan ini dapat menjadi motivasi para pemuda untuk tetap semangat dan terus belajar untuk mencapai cita-cita sesuai dengan bidang yang disukai,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilkom Fisip UHO, La Iba, S.Ip, M.Si., mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi tentunya tidak hanya di kampus saja. “Selaku ketua jurusan saya sangat bersyukur bahwa Nurfadillah berhasil juara dalam kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Jurusan Ilkom Fisip UHO senantiasa membimbing dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan cara memberikan pelatihan kepada mahasiswa. “Kami selalu melakukan pelatihan, di samping itu dosen-dosen juga melakukan praktek sesuai dengan bidang Ilmu Komunikasi pada saat kuliah,” bebernya.

Ia menambahkan, bahwa sebagai bentuk apresiasi untuk Nurfadillah pihaknya sementara mengajukan untuk pembebasan biaya uang kuliah tunggal (UKT) di Universitas. “Saya berharap agar mahasiswa dapat menjadi contoh teladan bagi diri mereka. Agar mengembangkan bakatnya dalam bidang sesuai dengan kemampuan individu,” pungkasnya. (win/kn)

Dok. Pribadi
Nurfadillah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UHO.

Tinggalkan Balasan