Gubernur Minta Kades Maksimalkan Potensi Desa

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta seluruh kepala desa (Kades) memaksimalkan potensi desa. Sebab, kemajuan suatu daerah, dimulai dari desa. Pesan itu disampaikan Ali Mazi saat beraudiensi dengan puluhan Kepala Desa dari Muna Barat di Rujab Gubernur Sultra, baru-baru ini.

“Saya berharap, semua kades dapat mengelola potensi desa, dengan maksimal dan manajemen yang baik. Supaya daerah kita semakin maju,” harap Ali Mazi dalam keterangan tertulisnya.

Potensi setiap desa, lanjut dia, harus dikelola dengan baik. Juga disinergikan dengan program Pemda dan Pemprov. “Anggaran akan diberikan oleh kepala daerah, asalkan ada potensi yang ingin dikembangkan setiap kepala desa. Potensi dimaksud, terkait dengan sumber daya yang dimiliki masingmasing desa,” terangnya. “Pemahaman potensi ini adalah masing-masing kepala desa. Jadi, harus ada sinergi antara Pemprov, Bupati dan Kepala Desa,” tambahnya.

Lebih jauh Ali Mazi berharap, bila ada dana hibah atau bantuan dari Pemprov kepada pemerintah kabupaten/ kota supaya dikelola dengan baik. Kepala daerah atau bupati/wali kota dapat menampung aspirasi masyarakat agar dapat diberikan bantuan. Dalam audiensi tersebut, ada harapan dari kepala desa, supaya setelah purna tugas sebagai Gubernur Sultra, Ali Mazi bisa melanjutkan pengabdian di Senayan (DPR RI). Menanggapi permintaan itu, Ali Mazi tersenyum dan mengucapkan terima kasih atas semangat mereka. “Saya sangat menghargai permintaan Anda semua,” ujarnya.

Gubernur Ali Mazi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kapala desa yang hadir dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, sudah lama membuat program untuk melaksanakan silaturahmi dengan para kepala desa ataupun camat. Namun karena adanya pandemi Covid -19, sehingga program audiensi tersebut kurang terealisasi. “Saya berharap, pertemuan seperti ini, intens dilakukan dan menjadi silaturahmi jangka panjang antara Pemprov dan kepala desa,” imbuhnya. (adv/ing)

Tinggalkan Balasan