Penyedia Jasa Kepelabuhanan, Pelindo Sediakan Fasilitas Kelancaran Distribusi Barang


KENDARINEWS.COM—PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Kendari merupakan pengelola Pelabuhan Umum Kendari yang bisa melayani seluruh jenis barang atau kargo selama memiliki fasilitas dan peralatan.

Hal itu disampaikan General Manager Regional 4 Kendari, Capt. Suparman, menanggapi pemberitaan terkait Polemik tambang pasir Nambo di Kendari yang santer diberitakan beberapa pekan terakhir ini

Kata Suparman, Pelindo sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan sudah seyogyanya menyediakan fasilitas dan peralatan pelabuhan untuk kelancaran kegiatan distribusi barang di pelabuhan.

“Itu sudah merupakan tugas Pelindo sebagai BUMN penyedia jasa kepelabuhanan,” katanya dalam release tertanggal 10 Mei 2023.

Namun sebagai penyedia jasa kepelabuhanan, Suparman menegaskan bahwa pihaknya bukanlah perusahaan bongkar muat atau PBM yang menangani pelaksanaan pemuatan pasir tersebut ke atas kapal. “Terkait kisruh tambang pasir Nambo di Kendari, Pelindo tidak bertindak sebagai PBM,” tegasnya.

Pelindo lanjut dia, juga tidak memiliki kewenangan untuk menjustifikasi tentang legalitas muatan atau kargo di pelabuhan. Hal tersebut bukan merupakan ranah pihaknya.

“Sejauh ini kami juga belum menerima penyampaian secara tertulis dari pihak manapun tentang legal atau ilegal kegiatan penambangan pasir Nambo di Kendari,” pungkasnya.

Diketahui secara umum bahwa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo, mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia.

Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai,

Pelindo berperan dalam menggerakkan perekonomian serta mendorong pertumbuhan ekonomi Nasional.(kn)

Tinggalkan Balasan