KPU Muna Rekrut Tenaga Pendukung Sekertariat PPK

KENDARINEWS. COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna melakukan seleksi wawancara calon tenaga pendukung sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan umum serentak tahun 2024.

Ketgam :Sekertaris KPU Muna, Halisi (kiri) dan Panitia Seleksi, Sitti Amrana (kanan) saat melakukan tes wawancara pada salah satu calon tenaga pendukung PPK.

Sekertaris KPU Muna, Halisi mengatakan bahwa tenaga pendukung mengemban tugas bersama staf sekretariat yang sudah terbentuk sebelumnya dalam membantu kerja-kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam hal adminisratif.

“Mereka juga nantinya akan mendukung tugas-tugas lain PPK. Kemudian, untuk masa kerja tenaga pendukung Sekretariat PPK yakni berakhir bersama-sama PPK. Artinya, ketika masa kerja PPK berakhir, maka masa kerja tenaga pendukung juga akan berakhir,” ujar Halisi, Jumat (3/3).

Dia menambahkan, dalam tahapan wawancara memiliki dua tahap pertama terkait pengetahuan pemilu. Kemudian, kemahiran dalam mengoperasikan komputer. Panitia seleksi (Pansel) dari KPU Muna dan KPU Provinsi. Untuk pansel provinsi akan melakulan tes wawancara melalui via zoom.

“Jadi, calon tenaga pendukung harus mampu mengoperasikan komputer. Calon tenaga pendukung juga harus mengetahui tugas-tugas dari pada PPK. Kemudian, apa saja wewenang PPK,” paparnya.

Untuk jumlah yang lulus bekas dan berhak mengikuti tes wawancara yakni sebanyak 77 orang. Kelulusan calon tenaga pendukung nantinya berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan.

“Nantinya jumlah yang dibutuhkan yakni sebanyak 44 orang dari 22 kecamatan di Kabupaten Muna. Sehingga per kecamatan hanya diambil sebanyak 2 orang. Selain itu, dalam perekrutan ini kami membutuhkan tenaga-tenaga yang berjiwa muda. Kami juga tidak menginginkan ada anggapan menjadi penyelenggara PPK adalah pekerjaan sampingan. Karena kerja kita adalah kerja fokus,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya juga berharap dengan adanya perekrutan ini dapat memperlancar kerja KPU di tingkat PPK. “Jika selama ini tenaga masih kurang, tetapi dengan perekrutan ini kami harapkan dapat membantu KPU di kecamatan dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penetapan hasil seleksi wawancara dan tes kemampuan komputer akan di umumkan pada 4 Maret 2023. (deh)

Tinggalkan Balasan