80 Pecatur Siap Berkompetisi di Kapolresta Kendari Cup I

KENDARINEWS.COM– Tak kurang dari 80 pecatur bakal memeriahkan Kejuaraan catur Kapolresta Kendari Cup 1. Kapolresta Cup mulai digelar hari ini, Sabtu (4/3) hingga Minggu, besok, di Aula Graha Pena Kendari.

Kegiatan yang diikuti pecatur handal se-Sultra digelar Kaporesta Kendari bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra dan koran Harian Kendari Pos.

Ketua Panitia Lomba Catur Kapolresta Kendari Cup, Lily Sudarto mengatakan, sejak dibuka pendaftaran sampai ditutup, sebanyak 80 peserta yang menyetor formulir. Pendaftar tersebar dari berbagai kabupaten dan kota di Sultra. Ia menyebut peserta ada yang berasal dari Wakatobi, Muna, Muna Barat, Konawe, Konawe Utara, Buton dan lain-lain.

“Konfirmasi terakhir para peserta sudah berada di Kota Kendari dan siap berlaga di lomba catur Kapolresta Kendari Cup besok (hari ini, red),” kata Lily Sudarto Jumat (3/3), kemarin.

Lily Sudarto menjelaskan, para peserta diwajibkan membawa papan catur masing-masing. Hal itu merupakan keputusan dari panitia agar proses lomba berlangsung dengan tanpa hambatan tanpa kekurangan papan catur.

“Lomba akan dibuka langsung oleh Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman. Jika beliau berhalangan, akan dibuka oleh Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin,” jelasnya.

Lily Sudarto menambahkan, dalam perlombaan ini akan digelar selama 2 hari. Para pemenang sudah disiapkan hadiah jutaan rupiah. Pemenang I, mendapatkan hadiah Rp5 juta, juara II Rp3,5 juta, juara III memperoleh hadiah Rp2,5 juta dan juara IV mendapatkan hadiah Rp1 juta. “Sementara pemenang peringkat 5 sampai 20 juga mendapatkan hadiah uang tunai,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mengatakan, lomba catur ini bagian dari upaya Polri membangun kedekatan dengan masyarakat dalam bingkai kebersamaan

Selain menjalin harmonisasi dengan masyarakat, kejuaraan catur Kapolresta Kendari Cup 1 ini juga bertujuan mencari bibit-bibit atlet catur yang mumpuni. Nantinya bisa mewakili dan membanggakan Sultra diberbagai pentas atau kejuaraan nasional maupun internasional.

“Sebelum ini juga pernah dilaksanakan kegiatan serupa seperti turnamen biliar, badminton cup, bola voli cup, futsal, lomba domino, dan lain-lain. Kali ini kami bersama Percasi Sultra dan Kendari Pos menyelenggarakan lomba catur Kapolresta Kendari Cup 1. Penyelenggaraannya pun kami telah berkomunikasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra,” kata Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman.

Mantan Kapolres Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) itu menjelaskan, kegiatan ini juga untuk memajukan olahraga catur. Melalui pergelaran lomba maka pasti akan melahirkan atlet-atlet unggul yang nantinya ditingkatan kemampuannya untuk event lomba skala nasional.

“Pada intinya harapan kami aparat kepolisian dengan masyarakat lebih dekat dan bersinergi dalam berbagai aspek untuk Kota Kendari dan Sultra yang aman, tertib, damai, dan maju,” tandas Kombes Pol M.E Faturrahman. (KN)

Tinggalkan Balasan