Kery Sukses Memimpin Konawe

KENDARINEWS.COM — Tari Mepokoaso Wonua dari sanggar Anasepu, menjadi penampilan pembuka ekspose kinerja Bupati Konawe 2014-2023, Kamis (2/3).

Tarian itu menggambarkan kolaborasi empat suku yang pertama kali mendiami Sultra. Yakni, etnis Moronene, etnis Wolio, etnis Wuna, dan etnis Tolaki.

Dalam satu dekade kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa, Konawe mengalami perubahan dan perkembangan pesat. Kery sukses memimpin Konawe. Beberapa indikator bisa menjadi penegasan kesuksesan tersebut. Salah satunya sektor ekonomi.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (belakang, tengah) beserta jajaran, foto bersama saat pemberian penghargaan bagi pihak yang berkontribusi mendukung kemajuan Konawe

Di bawah kendali kepemimpinan Kery, pertumbuhan ekonomi Konawe, selalu meningkat. Saat ini, angkanya mencapai 15,38 persen. Pertumbuhan ekonomi Konawe itu, merupakan angka tertinggi di Sultra atau lebih tinggi ketimbang kabupaten/kota lain di Bumi Anoa. Begitupun angka kemiskinan, turun hingga 12,57 persen. Indeks pembangunan manusia (IPM) Konawe naik hingga 72,04 persen. Pendapatan perkapita penduduk naik hingga Rp 34 juta/kapita per tahun.

Wadir Kendari Pos, Awal Nurjadin (tiga dari kiri) bersama sejumlah undangan, pejabat Konawe dan pejabat Forkopimda saat mengikuti ekspose kinerja Bupati Konawe

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, kesuksesan memajukan Konawe, menjadi barometer pembangunan di Sultra, tidak terlepas dari komitmen dan konsistensi dalam membangun yang ditunjukkan segenap komponen. Baik pemerintah, maupun masyarakat. Bupati Konawe dua periode itu menjelaskan, menilik potensi wilayah Konawe, dirinya melakukan pembangunan secara bertahap. Dimulai dari membenahi sumber daya manusia (SDM) hingga infrastruktur yang ada di Konawe. “Yang jelas, kalau SDM di suatu daerah maju, pasti sektor lain juga akan ikut maju. Nah, itu lah yang saya lakukan selama memimpin di Konawe,” ungkap Kery Saiful Konggoasa.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa didampingi Ketua DPRD Ardin dan Wakapolres Kompol Alwi.

Kery menambahkan, berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), Konawe menduduki posisi pertama dalam pertumbuhan ekonomi selama lima tahun berturut-turut. Selain itu pula, ia menyebut, banyak capaian serta penghargaan diraih pemkab Konawe selama satu dekade memimpin Konawe. Diantaranya, penghargaan Piala Adipura tahun 2016, penghargaan Dana Rekca tahun 2016 dari Presiden RI, Indonesia Award 2017 program Inovasi Kesehatan, penghargaan Desa Cinta Statistik (Cantik) tahun 2022, peringkat ke-7 nasional realisasi investasi. Serta peringkat ke-8 dalam penyelenggaraan pemerintahan terbaik kategori kabupaten seluruh Indonesia tahun 2021. “Banyak prestasi yang sudah kita torehkan bersama. Konawe juga menjadi penghasil beras terbanyak di Sultra. Serta salah satu penghasil daging terbaik di Sultra,” tandas politikus partai Nasdem Sultra itu. (adv)

Tarian Mepokoaso Wonua oleh sanggar Anasepu

Tinggalkan Balasan