Asmawa Desak Eks Pejabat Kembalikan Aset Negara

KENDARINEWS.COM — Para eks pejabat di lingkup Pemkot Kendari masih menguasai aset negara. Mereka belum mengembalikan kendaraan dinas, meski tak menjabat lagi. Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mendesak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah dimutasi untuk mengembalikan aset negara. “Sudah saya perintahkan Inspektorat untuk segera mendata dan memanggil pejabat-pejabat yang belum mengembalikan kendaraan atau inventaris kantor,” Ungkap Asmawa Tosepu, kemarin.

Asmawa mengancam akan memberi sanksi terhadap ASN yang tidak mengembalikan aset kepada daerah. “Pasti (ada sanksi). ASN itu ada aturan yang mengikat. Tapi saya pikir jajaran Pemkot tidak ada yang membandel. Pasti akan mengembalikan. Hanya masalah waktu saja. Bisa jadi pasca pelantikan mereka sementara keluar kota atau perjalanan dinas.” ungkap Asmawa.

Sebelumnya, Asmawa Tosepu merotasi 113 pejabat administrator, pejabat eselon III dan IV. Rotasi dilakukan berdasarkan hasil penjaringan yang dilakasanakan Januari lalu. “Terdapat tiga tahap dalam penjaringan pejabat. Pertama, hasil pemeriksaan Inspektorat Jenderal Kemendagri dalam bentuk pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Kedua, dilakukan asesmen atau uji kompetensi yang diikuti oleh seluruh penjabat Pemkot Kendari. Ketiga, berdasarkan hasil evaluasi kinerja yang dilaksanakan Pemkot Kendari,” pungkasnya. (ags/b)

Tinggalkan Balasan