oleh

Wow, Ada 75 ASN Terima Bansos, Abdul Rauf: Segera Kembalikan ke Negara

KENDARINEWS.COM–Kelakuan oknum Aparatur Sipil Negara ini kurang terpuji. Lihat saja, Bantuan Sosial (Bansos) yang seyogyanya diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu ‘disembat’ juga.

Hasil penelusuran Kemensos dan Ditjen Dukcapil di Jakarta, di Kendari, sebanyak 75 ASN lingkup Pemkot terdata sebagai penerima bansos. Rinciannya, 24 ASN menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan 51 ASN menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) . Ironisnya, puluhan ASN telah melaksanakan pencairan. Jumlahnya fantastis, per 2022 sudah dilakukan pencairan (penarikan) bansos sebesar Rp 127 juta.

Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf mengakui adanya puluhan ASN yang terdata sebagai penerima bansos.

“Setelah pertemuan di Jakarta, Pak Wali Kota langsung menginstruksikan untuk penghentian dan melakukan pengembalian bansos yang sudah diterima ASN. Dana bansos harus segera dikembalikan ke Negara,” kata Abdul Rauf, kemarin.

Abdul Rauf tak mengetahui detail sejumlah ASN bisa terdata sebagai penerima bansos. Namun ia menduga puluhan ASN yang tercatat sebagai penerima bansos namanya lebih dulu terdata sebelum terangkat sebagai ASN.

Mantan Kabag Kesra Setda Kota Kendari ini menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan penelusuran dan sosialisasi agar ASN mengembalikan seluruh dana bansos yang sudah diterima. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan