oleh

Kerukunan Umat Beragama di Muna Paling Tinggi

KENDARINEWS.COM — Warga yang mendiami Kabupaten Muna kian heterogen. Kendati demikian, Muna menempati peringkat pertama di Sultra tentang kerukunan beragama. Hal itu sesuai indeks kerukunan umat beragama yang diterbitkan Kemenag Sultra di tahun 2022.

Informasi itu disampaikan Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Kammarudin. Katanya, kondisi sosial masyarakat Kabupaten Muna dalam toleransi beragama lebih unggul dibanding daerah-daerah lain di Sultra.

Indeks kerukunan umat beragama dari 17 kabupaten/kota di Sultra, Kabupaten Muna menduduki peringkat pertama dengan nilai 79.00 persen. Disusul Konawe dengan nilai 76,16 persen, Kolaka Timur 75,34 persen dan Konawe Selatan 75,30 persen.

“Semoga persentase kerukunan umat beragama di Muna dapat terus meningkat lebih baik dari yang kita raih saat ini,” ungkap H. Kammarudin, kemarin. Katanya, prestasi yang diraih tak terlepas dari kerjasama seluruh masyarakat Muna. Sehingga pihaknya berharap masyarakat dapat terus menghindari segala bentuk kebencian dan tindakan yang dapat memecah bela persatuan bangsa.

“Kita berharap, gerakan moderasi beragama dapat terus diperkokoh demi mewujudkan kehidupan yang damai, harmonis dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Sehingga komitmen kebangsaan kita dapat terus diperkuat untuk merawat kebinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa kita demi tercipta kerukunan umat untuk Indonesia hebat,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta mengatakan kerukunan antara umat beragama di Muna memang patut diacungkan jempol. Ia berharap Kemenag Muna dapat mengadakan pertemuan umat beragama tiap tiga bulan sekali.

“Sekarang ini sudah bagus, tapi baiknya diadakan pertemuan forum komunikasi umat beragama (FKUB) per tiga bulan sekali. Sehingga dapat disampaikan sejauh mana perkembangan masyarakat kita dan fungsi kontroling pemerintah dimaksimalkan,” tandasnya. (KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan