oleh

Butuh Lahan Pembangunan Bendungan di Konawe

KENDARINEWS.COM — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kendari dan BPN Sultra diminta menyiapkan lahan untuk membangun dua bendungan di Sultra pada tahun 2023 . Permintaan lahan yang diajukan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari seluas 40.246 hektar untuk membangun Bendungan Pelosika tahap I di Konawe dan Kolaka Timur (Koltim) serta Bendungan Ameroro tahap II dengan luasan 548,47 hektare.

Kepala BPN Konawe, Muhammad Rahman mengatakan, pada project tersebut, keterlibatan BPN Konawe hanya sampai batas pengadaan tanah saja. Setelah pengadaan tanah selesai, tupoksi BPN Konawe dianggap selesai manakala telah diserahkan laporannya. “Bicara pembangunan atau tender, itu di luar prerogatif dari BPN. Itu sudah urusan dari BWS. Kami tidak campuri lagi,” ungkapnya seberes rapat teknis pengadaan tanah yang digelar Kantor BPN Sultra.

Namun Muhammad Rahman memperkirakan, tahap pelaksanaan pembayaran akan mulai berjalan pada Februari-Maret 2023. Hanya saja, pihaknya belum bisa bicara terlalu jauh karena pelaksana pengadaan tanah belum dilimpahkan sepenuhnya ke BPN Konawe. Masih menjadi tanggung jawab Kanwil BPN Sultra. “Tapi pada dasarnya bisa saja, BPN Sultra menyerahkan atau melimpahkan ke kami. Saya lagi menunggu ini, karena saya dengar-dengar ada kecenderungan kalau mereka akan melimpahkan. Tetapi kan saya tidak mau bicara katanya-katanya. Kecuali sudah ada Surat Keputusan (SK) pelimpahan baru bisa kita pastikan,” pungkasnya. (adi/b).

Komentar

Tinggalkan Balasan