Kukuhkan 4 Guru Besar, Prof Zamrun: Guru Besar Dituntut Memiliki Integritas dan Mampu Berkontribusi pada Masyarakat Luas

KENDARINEWS.COM–Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc, kembali mengukuhkan guru besar di lingkup kerjanya. Kali ini, jabatan fungsional tertinggi dosen ini diberikan pada empat dosen UHO, yakni Prof. Dr. Rosnawintang, S.E., M.Si (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Prof. Indriyani Nur, S.Pi, M.Si, Ph.D (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Prof. Dr. Hasanuddin Jumareng, M.S, AIFO, (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Prof. Dr. Eng. I Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Si, (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) di Auditorium Mokodompit, Kamis (12/1). Hingga kini total guru besar yang dimiliki UHO mencapai 101 orang.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F, S.Si., M.Si., M.Sc., mengatakan bahwa pengukuhan guru besar tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Universitas. “Ini kebahagiaan bagi kita semua. Dimana setiap tahunnya guru besar lingkup UHO terus bertambah,” ujar Prof Zamrun.

Dijelaskan bahwa guru besar yang dikukuhkan tentu saja diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan kampus, masyarakat maupun daerah sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Saya harap ilmu yang didapat itu dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsi masing-masing, sehingga dapat dirasakan manfaatnya,” ucap Rektor UHO dua periode itu.

Pengukuhan guru besar, lanjut dia, memiliki makna penting, yaitu pengakuan terhadap sebuah prestasi yang diraih, pemberian otoritas keilmuan, serta peningkatan tanggung jawab. “Pencapaian predikat guru besar, menjadi awal mula sebuah perjuangan untuk memantapkan khazanah keilmuan yang telah diraih. Dituntut memiliki integritas yang tinggi, tanggung jawab moral, dan yang terpenting mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat luas,” tukas salah satu penerima penghargaan Atom Indonesia Best Paper Awards yang dilaksanakan Badan Tenaga Atom Nasional ini.

Selanjutnya, Ketua KAGAMA Sultra ini pun mengingatkan bagi semua guru besar UHO agar berbuat dan bekerja nyata dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Wujudkan karya nyata dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat hingga dapat membangun semangat dan inovatif.

“Sebagai bagian dari guru besar UHO, saya berharap kita senantiasa dapat menginspirasi dosen UHO untuk meningkatkan kualitas diri dengan melakukan pengembangan profesional berkelanjutan, membangun karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat guna mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Prof Zamrun yang juga Guru Besar Bidang Fisika ini. (KN)

Tinggalkan Balasan