oleh

Hari Ini, Presiden Jokowi Kembali Menjejak Sultra, Bakal ‘Bagi’ Bantuan di Buton

KENDARINEWS.COM–Hari ini, 26 September 2022, Presiden Jokowi dijadwalkan menjejak Sultra, tepatnya di Tanah Wolio. Tiga daerah akan dikunjungi Presiden, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan. Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana dijadwalkan berada di Sultra hingga besok, 27 September 2022. Agendanya dalam rangka menyerahkan/menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan pemberian Bantuan Modal Kerja.

Presiden Jokowi dan dan Ibu Iriana bertolak menuju Bandara Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan sekira pukul 16.00 WIB, pada Senin (26/9) hari ini. “Pada pukul 19.45 Wita, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana diperkirakan tiba di Bandara Haluoleo,” ujar Deputi Kepala Sekretariat Presiden Bidang Protokol, Pers dan Media Kementerian Sekretariat Negara RI, Mohamad Yusuf Permana, Minggu (25/9) kemarin.

Pukul 09.00 Wita, Presiden Jokowi menuju Kota Baubau. Di kota itu, Presiden Jokowi akan menyerahkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan pemberian Bantuan Modal Kerja.

Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Presiden Jokowi, Ibu Iriana dan rombongan menuju Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan dengan agenda yang sama. “Dari Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan, acara selesai, selanjutnya Presiden Jokowi menuju Bandara Betoambari, Kota Baubau, selanjutnya lepas landas menuju Ternate,” tutup Mohamad Yusuf Permana.

Kesibukan menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kota Baubau, Buton dan Buton Selatan sudah terlihat beberapa hari sebelumnya. Petang kemarin, Danrem 143/HO Brigjen TNI Yufti Senjaya memimpin apel gabungan pasukan pengamanan VVIP. Apel gabungan dihadiri Dandim se-Sultra, Wali Kota Baubau, Kapolres Baubau dan Buton di Lapangan Lembah Hijau Kota Baubau.

Sekira 2.000-an pasukan pengamanan diturunkan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Damkar, Kesehatan, dan lainnya. Semuanya siap mengawal keamanan Presiden Jokowi dan rombongan.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengaku bangga Presiden Jokowi menginjakkan kaki di Tanah Wolio. Sejumlah titik diagendakan akan dikunjungi pemimpin bangsa itu yakni Pasar Wameo, Kantor Pos Baubau dan Keraton Wolio. Ketiga titik itu sudah dipersiapkan.

“Kita mempersiapkan saja. Sesuai informasi presiden akan datang. Jadi tidaknya kita tunggu saat bertolak menuju Baubau. Kita siap-siap saja. Seperti Pasar Wameo. Rencananya, Presiden akan berbincang langsung dengan pedagang,” kata Wali Kota Ahmad Monianse.

Sejak Minggu pagi kemarin, wali kota yang karib disapa Moni itu memastikan kebersihan dan kerapian Pasar Wameo. Minggu sore Wali Kota Moni menghadiri apel gabungan pengamanan di Lapangan Lembah Hijau.

Senada dengan Wali Kota Baubau, Pj. Bupati Buton Basiran mengaku bangga dan berbahagia dapat menyambut Presiden Jokowi di wilayahnya. “Informasinya Bapak Presiden akan meninjau pabrik aspal. Saya sangat bersyukur karena harapan kita semua bisa terwujud, Bapak Presiden datang dan melihat langsung sumber daya alam kita,” ujarnya Minggu, kemarin. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan