oleh

Mantan Komandan Wing 8 Suryadarma Pimpin Lanud HLO

KENDARINEWS.COM–Mantan Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W., S.E., M.Han kini memimpin Pangkalan Udara TNI AU Halu Oleo. Ia menggantikan Kolonel Pnb Andi Ferdinand Picaulima, S.Sos yang memimpin Danlanud HLO sejak 22 Juni 2021. Serah terima jabatan (Sertijab) Danlanud HLO bakal di Mako Lanud HLO hari ini, Senin (26/9).

Kolonel Pnb Andi F Picaulima mengucapkan terima kasih dan penghargaan besar kepada Gubernur Sultra Ali Mazi beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra atas jalinan harmonisasi dalam bersinergi menjalankan program kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Ada salah satu undangan rapat, dan langsung diterima oleh Gubernur Sultra Ali Mazi dan jajarannya. Dari situ saya merasa Gubernur dan Forkopimda lainnya bagian dari keluarga besar. Rasa kekeluargaan yang sangat besar,” kata Kolonel Pnb Andi F Picaulima, Minggu (25/9), kemarin.

Dari pengalaman tersebut, kata dia, bagian dari momentum yang tidak terlupakan selama bertugas sebagai Danlanud HLO sekaligus menjadi pelajaran dan pengalaman berharga baginya. “Meski saya akan bertugas di tempat baru, namun saya senantiasa merasa bagian dari keluarga besar Sultra,” ujar Kolonel Pnb Andi F Picaulima.

Ia mengaku banyak hal yang dipelajari dari Sultra. Terutama pada aspek sejarah para tokoh pribumi melawan penjajah dengan strategi yang sangat cerdik. Sehingga penjajah kewalahan dan mampu dipukul mundur.

“Rentetan pengalaman saya banyak mempelajari sejarah luar negeri terkait dengan peperangan. Namun saat saya ke Sultra dan mempelajari sejarahnya, ternyata amat banyak catatan sejarah yang heroik khususnya terkait perlawanan mengusir penjajah Jepang,” ungkapnya.

Dari laman https://tni-au.mil.id/portfolio/lanud-haluoleo-2/ dijelaskan Kolonel Pnb Andi Ferdinand Picaulima, S.Sos masuk taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1993 dan lulus tahun 1996 dengan pangkat Letnan Dua (Letda) TNI AU. Perwira menengah TNI AU yang lahir di Malang, 10 November 1974 itu mengikuti pendidikan Sekolah Penerbang dan diwisuda (Wing Day) sebagai Penerbang pada tahun 1998.

Lalu, masuk pendidikan di Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) tahun 2005. Tahun berikutnya mengikuti Pendidikan Sekolah Instruktur Penerbang (SIP) TNI AU tahun 2006. Tahun 2011, Kolonel Pnb Andi Ferdinand Picaulima, S.Sos melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau). Selanjutnya, 22 Juni 2021 menjadi Komandan Lanud Haluoleo hingga September 2022. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan