oleh

Vaksin Kosong, Booster Kedua Ditunda

KENDARINEWS.COM– Stok vaksin jenis moderna yang akan digunakan untuk memvaksin tenaga kesehatan pada penyuntikan booster II masih kosong. Hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari masih menunggu suplai vaksin dari pusat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Elffi mengatakan penyuntikan vaksin booster II nakes rencananya tanggal 8 Agustus lalu. Namun karena stok vaksin masih kosong, vaksinasi dosis IV belum terealisasi.

“Sejak ada instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinkes telah melakukan persiapan penyuntikan booster II. Pada penyuntikan booster II, kami menggunakan jenis moderna. Sebab booster I juga demikian. Namun stok vaksinnya belum ada. Makanya, vaksinasi belum dimulai,” ujar Elffi, Selasa (9/8).

Sejauh ini, pihaknya telah berkoordinasi ke provinsi dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara (Sultra). Permintaan vaksin jenis moderna telah diteruskan melalui surat resmi ke pemerintah pusat. Saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk berikutnya.

Di Kendari, sebanyak 4.151 nakes yang menjadi sasaran booster II. Sebagian besar nakes telah siap. Di sisi lain, Dinkes telah tim khusus dan melakukan sosialisasi di sejumlah pelayanan kesehatan (paskes) terkait vaksinasi booster dua.

“Ada 4.151 nakes yang sudah siap di vaksin. Yang jelas setelah ada obatnya kita akan langsung melakukan vaksin. Karena belum ada petunjuk dari pusat kami juga belum tahu kapan pasti vaksin ini akan berlangsung,” jelasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan