Tingkatkan Infrastruktur Pasar Tomia, Pemkab Wakatobi Anggarkan 3 Miliar

KENDARINEWS.COM — Pekerjaan peningkatan infrastruktur di Pasar Tomia, Kabupaten Wakatobi, akan segera direalisasikan beberapa bulan ke depan. Kegiatan pembangunan tersebut menanfaatkan dana dari tugas pembantuan (TP) melalui anggaran pendapatan dan belanja Nasional (APBN) tahun 2022 sebesar Rp 3 miliar. Saat ini masih menunggu akun sistem informasi rencana umum pengadaan (SIRUP) sebagai rujukan perencanaan. Meski begitu, kegiatan fisik proyek tersebut ditarget akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Hingga saat ini belum ada lelang untuk proyek pasar yang sudah lebih 10 tahun belum difungsikan, karena memang belum ada perencanaannya. Untuk tahun ini, anggaran TP hanya dialokasikan di Pasar Tomia saja. Sementara dana alokasi khusus (DAK) Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Wakatobi mengalokasikan sekira Rp 6,8 miliar untuk difokuskan pada pembangunan industri logam di Pulau Binongko.

“Iya, untuk sekarang kita belum lelang karena masih menunggu perencanaannya. Kita upayakan Juni ini sudah mulai pekerjaan fisik,” ujar Kepala Disperindag Wakatobi, Safiuddin, Selasa (22/3). Meskipun sudah memiliki puluhan lods di Pasar Tomia, namun dengan adanya peningkatan melalui anggaran TP itu, maka akan ada penambahan jumlah kios. Sayangnya Safiuddin belum bisa memastikan jumlah pastinya.

“Iya akan kita tambah jumlah kiosnya. Dengan begitu kita berharap pasar ini bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Karena cukup disayangkan fasilitas yang dibangun lebih 10 tahun tidak difungsikan. Kalau pekerjaan selesai tahun ini, maka kita target 2023 mendatang sudah bisa difungsikan,” tambahnya. Sekadar diketahui, tahun ini Disperindag Wakatobi mendapat DAK sebesar Rp 6,8 miliar, termasuk TP melalui APBN sebanyak Rp 3 miliar dan DAK non fisik untuk pelatihan-pelatihan kurang lebih Rp 1,8 miliar. (b/thy)

Tinggalkan Balasan