Puluhan TKA akan Bekerja di Perusahaan Tambang

KENDARINEWS.COM — Kabupaten Kolaka menjadi salah satu daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki daya tarik bagi warga asing untuk mencari nafkah. Sesuai data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kolaka, pada tahun 2022 ini akan ada 51 orang tenaga kerja asing (TKA) yang akan bekerja di Bumi Mekongga.

Kepala Bidang Pembinaan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Kolaka, Hartono, mengungkapkan, dari 51 TKA tersebut diketahui akan berkerja pada beberapa perusahaan tambang dan perkebunan yang ada di otorita Bupati, H. Ahmad Safei. Perusahaan yang akan menggunakan jasa para TKA tersebut diantaranya adalah PT Sumitomo Mitsui Construction Company (SMCC), PT Mapan dan PT Van Aroma. “Untuk sementara, itu perusahaan yang saya tahu akan memperkerjakan TKA. Data lengkap perusahaan di Kolaka yang mempekerjaan TKA itu masih ada di staf yang baru-baru ini telah melakukan pendataan di lapangan,” ungkapnya, kemarin.

Hartono

Ia mengatakan, para TKA tersebut berasal dari berbagai negara seperti Jepang, Tiongkok dan India. Kata dia, sebagian TKA tersebut sudah ada di Kolaka dan selebihnya belum datang. “Yang kami tahu 17 orang ada di PT Mapan dan seorang lagi sudah ada di PT SMCC. Untuk di SMCC itu ada 10 orang yang akan dipekerjakan, tapi yang sembilan lainnya belum datang,” rinci Hartono.

Ia menjelaskan, 51 TKA tersebut tidak semua merupakan pekerja baru. Sebab ada yang tahun sebelumnya sudah bekerja, tapi izinnya diperpanjang. Olehnya itu, ia mengingatkan kepada para perusahaan yang akan menggunakan jasa TKA tersebut untuk melapor ke Kantor Disnakertrans. “Laporkan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) yang sudah disahkan oleh Kementerian Tenaga Kerja supaya kami catat. Setiap tahun harus dilaporkan,” ujarnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan