Wajib PCR dan Karantina Dicabut, Apakah Biaya Haji Turun?

KENDARINEWS.COM — Covid tak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi penyelenggaraan haji. Sampai-sampai, pemerintah Arab Saudi telah meniadakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan karantina bagi jemaah dari luar kota Mekkah. Tentunya, hal itu akan berpengaruh Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Sebab biaya tambahan PCR dan karantina sudah ditiadakan.

Saat dikonfirmasi, Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Sultra Marni mengatakan ada kemungkinan BPIH ditinjau ulang. Sebab relaksasi protokol kesehatan pemerintah Arab Saudi kemungkinan besar mempengaruhi usulan pemerintah terkait biaya perjalanan haji (BIPIH) tahun ini.

“Kami masih tunggu regulasinya. Saat ini pemerintah sedang berkonsultasi dengan DPR RI terkait penetapan biaya haji,” kata Marni.

Tidak hanya menyangkut pembiayaan, namun juga kepastian penyelenggaran haji tahun ini. Hingga saat ini kuota haji untuk Indonesia belum diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi. “Kita harus bersabar menunggu,” ujar Marni.

Sekedar informasi, dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI pada 16 Februari 2022, Menag Yaqut Cholil Qoumas telah mengusulkan BIPIH 1443 H /2022 M senilai Rp 45 juta. Usulan ini naik jika dibanding BPIH 1441 H/2020 M yang hanya berkisar Rp 35 juta. Salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan usulan BIPIH tahun ini adalah adanya perhitungan biaya prokes jamaah, seperti karantina dan PCR.

ILUSTRASI HAJI

Komponen biaya prokes jamaah haji itu meliputi tes Swab PCR di Asrama Haji sebanyak dua kali, saat keberangkatan ke Arab Saudi dan setibanya di Tanah Air. Tes Swab PCR juga dilakukan di Arab Saudi sebanyak tiga kali, saat tiba, karantina dan akan pulang ke Tanah Air.

Komponen lainnya adalah akomodasi dan konsumsi selama lima hari karantina di Jeddah dan akomodasi dan konsumsi di Asrama Haji setiba dari Arab Saudi. Selain itu, kenaikan BIPIH juga berkaitan dengan kenaikan biaya penerbangan dan biaya operasional di Arab Saudi maupun di Tanah Air. (c/ags)

Tinggalkan Balasan