Direvitalisasi, Dermaga Panggulubelo Wakatobi Ditutup Sementara


KENDARINEWS.CCOM — Seluruh aktivitas di Dermaga Pangulubelo, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, akan ditutup sementara waktu oleh pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP). Sebab tahun ini dermaga nasional tersebut akan direvitalisasi. Penutupan sementara waktu itu untuk mengantisipasi kemungkinan hambatan yang akan dialami masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang sebelumnya melintasi Dermaga Pangulubelo.

Untuk mencari alternatif dan solusi, pihak Syahbandar Wanci telah mengundang sejumlah pihak yang berkaitan dengan pemanfaatan Dermaga Pangulubelo. Kepala KUPP Wanci, Arman Saleh, menjelaskan, dari rapat yang digelar tersebut telah menghasilkan beberapa kesepakatan. “Sehingga diharapkan ada solusi jika pada saatnya kapal-kapal melakukan bongkar muat atau menurunkan penumpang. Intinya ada poin-poin yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut,” ujarnya, kemarin.

Suasana rapat bersama berbagai stakeholder yang digagas pihak Syahbandar Pelabuhan Wanci terkait rencana penutupan sementara Dermaga Pangulubelo.

Jadwal pelaksanaan pekerjaan tersebut disampaikan lebih awal untuk menjadi pertimbangan kegiatan operasional kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Wanci. Baik kapal barang (trayek tramper), kapal penumpang swasta, kapal penumpang PT Pelni maupun kapal tol laut.

Disarankan kepada pemilik barang/shipper/owner kapal penumpang swasta, kapal barang agar menyesuaikan dimensi armada yang akan beroperasi di Pelabuhan Wanci. Karena peralihan pelayanan sandar kapal akan direncanakan menggunakan fasilitas pelabuhan penyeberangan Wanci-Kamaru setelah mendapatkan izin dari penyelenggara pelabuhan feri. Untuk diketahui, PT Pelni turut mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan pekerjaan perkuatan dermaga Pelabuhan Wanci. Dengan melakukan komunikasi dan koordinasi ke tingkat pimpinan PT Pelni pusat, mereka mengupayakan tersedianya Kapal Rede Transport dalam pelayanan kegiatan embarkasi dan debarkasi di Pelabuhan Wanci. (c/thy)

Tinggalkan Balasan