Sukseskan Program PENAMAS, Kakanwil Kemenkumham Sultra Minta Jajaran Rutan Raha Lakukan Pendekatan Humanis

KENDARINEWS.COM–Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra) kembali melaksanakan program unggulannya Pendekatan Humanis Dibidang Pemasyarakatan (Penamas) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Raha, Rabu (2/3/2022).

Pada kegiatan Penamas ini Kakanwil, Silvester Sili Laba, didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim bersama jajaran duduk makan Nasi Ompreng bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Raha.

Makan bersama tersebut merupakan bentuk kepedulian Kantor Wilayah pada Warga Binaan yang ada dijajarannya. Menurut Kakanwil, pendekatan yang humanis merupakan bentuk pendekatan terbaik yang bisa dilakukan dalam memberikan pembinaan. Dia menegaskan agar dalam tugas sehari-hari selalu mengutamakan pelayanan yang terbaik sebagai seorang pelayan publik.

Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba (berdiri) saat berdiskusi dengan jajarannya di Rutan Raha, Rabu (02/03/2022). (FOTO : ISTIMEWA)

“Mari kita berikan pelayanan yang penuh keramah-tamahan, yang humanis dan selalu gunakan hati. Mereka adalah bagian dari kita dan kita adalah pelayanan untuk mereka,” ungkapnya.

Usai makan bersama, Kakanwil meminta kepada petugas dan juga WBP untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban Rutan Raha. “Teman-teman Warga Binaan dan juga petugas, saya minta tetap patuhi aturan yang ada. Saling menghargai, saling mengingatkan dan saling menguatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini baru pertama di Sultra semenjak Bapak Silvester menjabat sebagai Kakanwil. Dia tidak perna menemukan ada seorang Kepala Kantor Wilayah makan nasi ompreng bersama Warga Binaan.

“Ini suatu hal yang luar biasa dimana Pak Kakanwil duduk makan bersama Warga Binaan. Makan apa yang dimakan juga teman-teman Warga Binaan. Baru pertama saya temui ada Kakanwil yang lakukan hal ini. Terimakasih Bapak Kakanwil,” ungkap H. Muslim disambut tepuk tangan meriah dari seluruh WBP. (KN)

Tinggalkan Balasan