Tingkatkan Sinergitas dengan Pers, Diskominfo Konawe Gelar Bimtek Kedua

KENDARINEWS.COM — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Konawe melatih wartawan setempat yang bermitra dengan pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe terkait cara penginputan serta pertanggungjawaban berita menggunakan aplikasi media center Konawe. Aplikasi yang dilaunching Diskominfo Konawe diawal Januari 2022 itu menjadi wadah bagi pewarta untuk mempublish pemberitaan pemkab. Aplikasi itu terbilang baru sehingga Diskominfo bergerak cepat mengedukasi para kuli tinta terkait teknis penginputan berita.

Kadis Kominfo Konawe M Akib Ras (dua dari kanan), beserta jajarannya saat memandu bimtek kepada rekan-rekan pers mitra pemkab Konawe. Foto : (Adi Hidayat/Kendarinews)

Hal itu menjadi penekanan Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Konawe M Akib Ras saat giat bimbingan teknis (bimtek) penginputan serta pertanggungjawaban berita bagi rekan-rekan pers mitra pemkab Konawe, Selasa (22/2). Ia mengatakan, Diskominfo telah membuatkan aplikasi yang menjadi wadah wartawan mengupload pemberitaan pemkab. Aplikasi media center itu digunakan dalam hal pertanggungjawaban publikasi bagi media yang telah menjalin kemitraan dengan pemkab Konawe ditahun 2022.

“Ini terobosan kami di Diskominfo Konawe. Aplikasi ini memang masih baru, tapi kami akan sama-sama mempelajari dan juga butuh masukan dari teman-teman media guna memantapkan sistem aplikasi ini,” ujar M Akib Ras.

Suasana bimtek kedua yang digelar Diskominfo Konawe bagi pers mitra pemkab Konawe terkait penginputan serta pertanggungjawaban berita via aplikasi media center. Foto : (Adi Hidayat/Kendarinews)

Akib menuturkan, meskipun baru seumur jagung, aplikasi gawean Diskominfo Konawe itu sudah memberikan manfaat nyata dalam mendukung pembangunan yang dilakukan Bupati Kery Saiful Konggoasa. Kebijakan pembangunan yang dijalankan pimpinan daerah lebih terekspos ke publik. Di waktu yang sama pula, berita yang dibuat rekan-rekan pers dapat termonitor lewat aplikasi media center tersebut.

Suasana bimtek kedua yang digelar Diskominfo Konawe bagi pers mitra pemkab Konawe terkait penginputan serta pertanggungjawaban berita via aplikasi media center. Foto : (Adi Hidayat/Kendarinews)

“Kita berharap kerjasama ini bisa ditingkatkan kedepannya. Sehingga program visi misi pemkab Konawe yang sudah direncanakan maupun dilakukan dapat diketahui masyarakat Konawe maupun Sultra pada umumnya,” harapnya.

Sebagai informasi, saat bimtek kemarin Kadis Kominfo Konawe turut didampingi jajarannya diantaranya Sekretaris Diskominfo Konawe Tira Liambo, Kabid Layanan Komunikasi dan Informatika Diskominfo Konawe Mahbub Fauzi. Bimtek yang digelar Diskominfo pada Selasa (22/2) merupakan lanjutan dari bimtek pertama yang digelar pada Januari 2022 kemarin. (adi).

Tinggalkan Balasan