243 Pelajar se Sultra Tarung I-Smart Competition

KENDARINEWS.COM — I-Smart Competition 2022 mulai bergulir, Rabu (9/2) di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Rabu (9/2). 243 pelajar dari 18 SMP dan sederajat di Sultra berlaga selama 9 hingga 12 Februari pada empat kategori; sastra, seni, sains dan jurnalistik.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sultra H Muhammad Saleh, mengatakan I-Smart Competition sebagai wahana membangun semangat kompetisi di kalangan siswa. Termasuk, mengelaborasi sains dan konteks keislaman dan ilmu pengetahuan terbaru.

Kepala MAN IC Kota Kendari H. Muhammad Naim, memberikan sambutan saat pembukaan I-Smart Competition di Aula MAN Insan Cendekia, kemarin.

Menurutnya, siswa harus terus difasilitasi agar tetap bisa berkompetisi dan berprestasi, meskipun adanya pandemi Covid-19. Event ini momentum siswa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Juga memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Selain itu, I-Smart Competition juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi duta baik di tingkat daerah, nasional hingga internasioal. 

“Kita tentunya berharap I-Smart Competition 2022 ini mampu menumbuhkan bakat dan motivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. Terbangunnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa, sehingga bisa menjaring bibit unggul dan berprestasi di setiap bidang dan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mencintai bidang keilmuannya,” pungkasnya.

Di tempat itu, Kepala MAN IC Kota Kendari H. Muhammad Naim, mengatakan, I-Smart Competition ini menjadi wadah untuk merajut kebersamaan perwakilan seluruh SMP sederajat di Sultra.

“Ini merupakan tahun ketiga digelarnya lomba ini. Skala kepesertaannya terus kita kembangkan. Kita targetkan melalui kegiatan ini akan muncul orang-orang terbaik dalam bidang-bidang yang dilombakan.

“Kegiatan ini akan menjadi ujung tombak kami untuk menyosialisasikan MAN IC Kota Kendari kepada para siswa SMP sederajat se Sultra agar bisa melihat dan tertarik, sehingga nantinya mereka bisa menjadi penerus di MAN IC,” harapnya. (m4/b)

Tinggalkan Balasan