Enam Pasien Positif Omicron Dirawat di RSUD Kendari

KENDARINEWS.COM — Wabah Covid-19 telah bermutasi menjadi varian Omicron. Olehnya itu, masyarakat diminta untuk tetap mewaspadai penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan itu. Di Kendari, dalam sepekan sudah terdapat enam kasus baru Covid-19. Seluruh pasien diduga terpapar varian Omicron.

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman mengatakan sebanyak enam pasien yang dirawat di rumah sakit (RS) diduga terpapar varian Omicron. Hal tersebut merujuk pada gejala yang dialami oleh pasien mirip dengan gejala omicron.

“Dipastikan virus yang ada saat ini adalah varian omicron. Karena inikan (Covid-19) sudah bermutasi. Berubah bentuk. Kalau bentuk sebelumnya kan sudah sudah terjadi kekebalan secara alami,” kata dr. Sukirman kemarin.

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman

Lanjut dia, seluruh pasien yang terpapar merupakan warga Sultra. Empat dari Kota Kendari dan dua pasien dari luar Kota Kendari (Bombana 1, Konsel 1). Seluruhnya adalah pelaku perjalanan domestik. “Lokal. Ada yang (datang) dari Jakarta. Kalau dari laur negeri tidak ada. Semua dari dalam negeri,” ungkapnya.

Ia tak menampik jika, di Kendari belum ada alat yang bisa mendeteksi seorang pasien terpapar omicron. Hanya saja, berdasarkan hasil swab antigen, seluruh pasien menunjukkan gejala berat varian omicron seperti diantaranya demam tinggi, sakit kepala, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

“Bisa dipastikan atau diperkirakan bahwa virus yang berkembang saat ini (menulari warga) adalah virus omicron, karena itu yang terakhir bermutasi,” ungkap Sukirman.

Sukirman memastikan seluruh pasien mendapatkan penanganan intensif. Sejauh ini, pasien bisa segera tertangani dengan maksimal. “(Seluruh pasien) Dirawat di ruang isolasi. Kan kita punya ruang isolasi khusus untuk Covid. Mereka masih terpantau dengan baik,” pungkasnya. (b/m1/m2)

Kasus Covid-19
-Tambah 6 Kasus Baru
-4 Warga Kendari, Bombana dan 1 Konsel
-Diperkirakan varian Omicron
-Pelaku Perjalanan Domestik (Jakarta dan Daerah Lain)
-Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kendari
-Pasein Menunjukkan Gejala Berat
(Demam Tinggi, Sakit Kepala, Muntah dan Kehilangan Nafsu Makan)
-Kondisi Pasien

Tinggalkan Balasan