Minum Teh Jahe Bantu Atasi Keluhan Hilang Penciuman Saat Covid-19

KENDARINEWS.COM – Berbagai cara rumahan bisa ditempuh untuk mengatasi gejala kehilangan penciuman saat terkena Covid-19. Tentu tak nyaman rasanya ketika pasien Covid-19 tak bisa mencium aroma apapun. Apalagi gejala ini bisa berlangsung hingga berbulan-bulan

Anosmia dapat diobati secara medis. Ada juga strategi ampuh untuk melawannya di rumah. Dilansir dari Healthline, Senin (14/6), anosmia dapat bersifat permanen atau sementara. Gejala ini sering memudar secara bertahap dari waktu ke waktu, tanpa pengobatan atau intervensi. Namun, tidak mengetahui kapan atau apakah indra penciuman Anda akan kembali. Jika Anda ingin mempercepat prosesnya, ada beberapa perawatan yang bisa Anda coba di rumah.

Ahli Kesehatan dan Dokter Naturopati dari Preventive Global Health from the United States of America dr. Sandra El Hajj merekomendasikan bahan alami untuk membantu melegakan pernapasan dan penciuman. Salah satunya adalah jahe.

Menurutnya, jahe memiliki aroma khas dan menyengat yang membuatnya bermanfaat untuk digunakan dalam pelatihan penciuman. Anda dapat menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah untuk melatih penciuman. Dia juga menganjurkan minum teh jahe.

“Secara alami, minum teh jahe dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan hidung, sekaligus mengurangi pembentukan lendir berlebih yang menyumbat saluran hidung, menyebabkan hilangnya penciuman,” katanya.

Untuk mencoba teh jahe untuk anosmia, coba gunakan teh celup jahe yang sudah jadi. Anda juga bisa membuat teh dari jahe mentah. Bagaimana caranya?

Kupas dan potong jahe mentah. Seduh satu sendok makan jahe mentah dalam dua cangkir air panas selama sekitar 15 menit. Lalu minumlah secara rutin.(jp)

Tinggalkan Balasan