Wagub Lukman : Bahasa Sebagai Pemersatu Bangsa!

Metro Kendari

Kemajuan Bangsa Ditopang Budaya Berbahasa
KENDARINEWS.COM — Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengatakan banyak program yang dikerjakan bersama Pemprov dan Kantor Bahasa Sultra, khususnya terkait bahasa, sastra dan kebudayaan. “Bahasa adalah pemersatu bangsa. Bahasa adalah lambang, simbol dan budaya. Bahasa merupakan bagian dari budaya yang harus kita dilestarikan. Kemajuan dan kemunduran suatu bangsa dapat dilihat dari budaya berbahasanya,” kata Lukman Abunawas kepada Kendari Pos, Senin (31/5).

Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas (tengah), Kepala Kantor Bahasa Sultra Dr.Herawati (kanan), Kadis Dikmudora Kota Kendari Makmur (dua dari kiri), dan Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra Dody Syahrul Syah (kiri) usai sosialisasi aplikasi Seleko di Kantor Bahasa Provinsi Sultra

Mantan Bupati Konawe dua periode itu menegaskan hadirnya aplikasi Sistem Layanan Data dan Informasi Elektronik (Seleko) yang diluncurkan Kantor Bahasa Provinsi Sultra berkontribusi dalam pemahaman Bahasa Indonesia hingga ke pelosok. “Sebab saat ini masyarakat pelosok masih banyak yang berinteraksi bukan dengan bahasa Indonesia namun masih menggunakan bahasa daerah,” ujarnya.

Pemahaman bahasa Indonesia bukan berarti memudarkan bahasa daerah. “Bahasa daerah tetap kita junjung tinggi, namun bahasa Indonesia tetap pula menjadi bahasa pemersatu bangsa kita, “beber Lukman Abunawas.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Sultra, Dr.Herawati mengatakan, aplikasi Seleko diperuntukkan bagi seluruh pemangku kepentingan. Seleko diharapkan menjadi bank data dan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan terkait kebahasaan dan kesastraan. (rah/c)

Tinggalkan Balasan