4 Ribu Nelayan Kantongi Kartu Kusuka

KENDARINEWS.COM — Porsi anggaran Pemkot Kendari masih lebih diprioritaskan pada penanganan pandemi. Akibatnya, tidak semua program yang diajukan bisa diakomodir APBD. Namun demikian, Pemkot tidak pasrah begitu saja. Sejumlah program yang belum tercover diusulkan agar bisa dibiayai APBN. Salah satunya pengadaan alat penangkap ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kendari, Imran Ismail mengaku telah mengajukan kembali permohonan bantuan sarana perikanan dan alat tangkap nelayan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain karena tidak diporsikan di APBD, Kota Kendari tak kebagian bantuan tahun 2020 lalu.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kanan) menyerahkan secara simbolis kartu pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan (Kusuka) kepada perwakilan kelompok nelayan

“Tahun lalu, sebenarnya sudah dianggarkan bantuan sarana dan alat tangkap nelayan baik melalui APBD maupun APBN. Hanya karena recofusing, bantuan itu ditiadakan. Nah oleh karena itu, tahun ini kami ajukan ke Direktorat Kapala Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan KKP,” kata Imran, kemarin.

Bantuan yang diajukan lanjutnya, berupa sarana dan prasarana perikanan. Diantaranya, perahu, cool box dan bantuan alat tangkap seperti pancing rawai, pancing tuna, jaring dan jaket pelampung. Terkait nominal usulan, pihaknya tidak mencantumkan angka. Sebab bantuan dalam bentuk hibah tergantung kemampuan KPP. “Semua tergantung pusat. Kalau disetujui, kami akan dikonfirmasi kembali apa-apa yang menjadi kebutuhan,” ujarnya.

Sesuai aturan, bantuan akan disalurkan kepada nelayan yang tergabung dalam koperasi usaha bersama (KUB) atau kelompok nelayan lainnya. Selain itu, mereka harus memiliki kartu pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan (Kusuka). “Dari 6.989 nelayan di Kendari baru 4.000 nelayan yang memiliki kartu Kusuka. Mereka tersebar di seluruh kecamatan pesisir seperti Kecamatan Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Kambu, Poasia, Abeli dan Nambo,” ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengungkapkan akan terus mengupayakan pengadaan sarana perikanan dan alat tangkap nelayan. Upaya ini untuk meningkatkan produktifitas nelayan di masa pandemi. “Mudah-mudahan usulan kita disetujui pusat. Kami akan mengawal usulan ini, melakukan pendekatan dan lobi kepada pemerintah pusat. Jadi, saya harap semua bisa bersabar,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Syarat Penerima Bantuan Alat Tangkap

  1. Tergabung dalam KUB
  2. Memiliki Kartu Kusuka
    -6.989 Nelayan, 4 Ribu Telah Miliki Kartu Kusuka

Tinggalkan Balasan