Perpusda Kolut Koleksi 22.923 Eksemplar Buku

Kolaka Utara


KEDNARINEWS.COM — Perpustakakan Daerah (Perpusda) Kolaka Utara (Kolut) saat ini mengoleksi total jumlah buku bacaan sebanyak 22.923 eksemplar. 700 buah diantaranya merupakan buku baru yang diterima dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bulan lalu. Kepala Dinas Perpusda Kolut, Syamsu Rijal, mengatakan, sebelumnya instansi tersebut kekurangan koleksi buku. Namun berkat keterlibatannya dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dijalankan, pihaknya mendapat suplai 700 buku dengan 350 judul bacaan. “Semakin banyak koleksi lebih baik lagi karena bacaan juga bervariasi,” ungkapnya, Senin (2/11).

Perpusda Kolut terus melengkapi koleksi bukunya. Selain menjadi bacaan di tempat, pihak Perpusda juga melayani sistem pinjam ke sekolah-sekolah yang bermohon dan menjalankan program perpustakaan keliling

Perpusda Kolut dikatakan terus berupaya meningkatkan perbaikan tata kelola dan inovasi, guna membidik predikat perpustakaan terbaik nasional. Tentunya butuh kerja keras untuk selalu mencoba agar ada tolak ukur peningkatan setiap tahun.
Bukan hanya buku, Syamsu Rijal juga mengungkapkan juga mendapat bantuan tiga komputer, satu printer, TV 42 Inci dan rak buku masih dari kementerian terkait. Tentu bukan bantuan itu semata-mata yang membuat ia gembira, karena pihak Pemerintah Pusat secara tidak langsung perhatiannya telah tertuju ke Kolut dalam mendorong perkembangan perpustakaan.

Meski begitu, beberapa buku yang dianggap masih kurang persediaannya adalah kategori sejarah nasional maupun lokal serta bacaan untuk jenjang TK-SD termasuk buku agama. Pasalnya, selain untuk dipajang di kantornya, Perpusda juga melayani sistem pinjam buku ke sekolah-sekolah yang bermohon. “Selain itu kami jalankan juga program perpustakaan keliling,” pungkasnya. (c/rus)

Tinggalkan Balasan