Usai Ditetapkan jadi Wapres Terpilih, Gibran Balik ke Solo, Kembali Bertugas Sebagai Wali Kota

KENDARINEWS.COM—Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming segera kembali ke Surakarta usai menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Dia mengaku harus kembali menjalankan tugas sebagai wali kota hingga dilantik menjadi wakil presiden pada Oktober 2024 mendatang. 

“Sekali lagi saya kalau cuti nggak bisa lama-lama, harus segera kembali ke Solo untuk melaksanakan tugas sebagai Wali Kota Surakarta,” kata Gibran, Kamis (25/4).

Selama masa cuti itu, Gibran akan mengunjungi beberapa wilayah untuk menemui masyarakat. Lokasi yang telah didatanginya adalah Rusun Muara Baru di Penjaringan, Jakarta Utara.

Saat berkunjung menemui masyarakat, Gibran ingin mendengar berbagai permasalahan yang dialami. Inventarisasi masalah ini diperlukan untuk langkah kerja pemerintahan ke depan.

Sebelumnya, KPU RI secara resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno yang digelar secara terbuka di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari membacakan berita acara penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, yang dihadiri secara langsung oleh Prabowo dan Gibran. Adapun berita acara itu berdasarkan nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

KPU menetapkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilu 2024, dengan perolehan sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen,” kata Hasyim membacakan berita acara di kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4).

“Dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia,” sambungnya.

Acara ini turut dihadiri pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Sementara, pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tak terlihat hadir dalam acara tersebut.(jp/kn)

Tinggalkan Balasan