Harga Naik, Stok Aman, Ini Kata Kadisperindag

KENDARINEWS.COM–Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kolaka melakukan pemantauan harga dan distribusi kebutuhan bahan pokok di Pasar Raya Mekongga, Selasa (26/9). Satu per satu pedagang sembako di pasar tersebut didatangi untuk mencari tahu harga dan ketersediaan bahan pokok yang dijualnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka, Abdi Arif yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, pemantuan kebutuhan bahan pokok kali ini dilakukan sesuai dengan hasil rapat Tim Pengendalian Inflasi Nasional melalui zoom meeting yang dipimpin Menteri Dalam Negeri RI. Kata dia, giat tersebut digelar dalam rangka upaya mengantisipasi gejolak kenaikan harga sembako, khususnya beras. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan pantauan yang dilakukan, salah satu bahan pokok di Bumi Mekongga yang mengalami kenaikan harga adalah beras. “Awalnya harga beras hanya Rp 10 ribu per liter. Tapi saat ini di sudah mencapai Rp 11 ribu hingga Rp 14 ribu per liter,” ungkap Abdi Arif.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kolaka ini menambahkan, meskipun harga beras naik, tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi inflasi atau daya beli masyarakat. Di samping itu, stok beras beserta bahan pokok lainnya juga masih aman.

“Ada beberapa faktor dari penyebab harga kebutuhan pokok ini mengalami kenaikan atau penurunan yaitu faktor dari cuaca, distribusi terkait perjalanan. Selain itu, juga dipengaruhi oleh ekonomi dunia atau global,” jelas Abdi Arif. (fad/kn)

Tinggalkan Balasan