Pemanfaatan Pangan Lokal Solusi Tekan Inflasi

KENDARINEWS.COM — Inflasi menjadi tantangan yang harus bisa diselesaikan dan mendapat solusi. Sebab inflasi akan menjadi pelemahan daya beli masyarakat akibat mahalnya harga kebutuhan. Menyadari hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepualauan (Konkep) mendorong agar pemanfaatan pangan lokal lebih ditingkatkan lagi. Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Lutfi, mengatakan, inflasi menjadi hal yang harus terus dipantau dan dicarikan solusi mengatasinya. Karena jika tidak maka ini akan berdampak pada ekonomi masyarakat.

“Inflasi ini menjadi tantangan semua Pemda, berbagai langkah terus dilakukan, salah satunya dengan pemanfaatan pangan lokal. Ini sudah menjadi fokus Bupati Konkep, H. Amrullah dan saya sebagai wakil bupati. Sudah tercantum dalam visi dan misi kami yakni Wawonii Bangkit,” ujar Andi Muhammad Lutfi, Jumat (16/6). Ia mengatakan, pemanfaatan pangan lokal ini selain bisa menekan inflasi, juga bisa mendorong perekonomian masyarakat yang berprofesi dalam bidang pertanian. Selain itu pangan lokal ini bisa menjadi komoditas untuk diperdagangkan di luar Konkep.

“Jadi pemanfaatan pangan lokal ini memberikan efek ganda yang pada akhirnya akan mendorong kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Sebab daya beli dan konsumsi masyarakat akan meningkat,” ungkap Konkep-2 tersebut. Andi Muhammad Lutfi menjelaskan, tahun ini pula Pemkab Konkep mulai merintis pembangunan pusat ekonomi, seperti sentra perikanan, sayuran dan buah-buahan. Itu sebagai bentuk komitmen Pemkab dalam mendorong pemanfaatan pangan lokal.

“Selain itu juga kita mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia disemua bidang khususnya pada sektor yang akan dibangun sentra ekonomi. Sehingga pembangunan sentra ini juga nantinya didukung dengan SDM yang berkualitas,” pungkasnya. (c/jib)

Tinggalkan Balasan