Cuaca Buruk, Basarnas Kendari Imbau Nelayan Tidak Melaut

KENDARINEWS.COM—Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kendari menghimbau kepada masyarakat agar tidak melaut ketika cuaca sedang buruk. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini gelombang setinggi 4 meter di Perairan Menui Kendari, Wakatobi dan Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara (Sultra). Peringatan ini berlaku hingga Jumat (16/6) mendatang. 

“Imbauan dari kami terhadap masyarakat, khususnya para nelayan untuk lebih waspada terkait kondisi cuaca akhir-akhir ini,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Basarnas Kendari Hidayat, Rabu (14/6). 

Kepada para nelayan, Hidayat menghimbau jika cuaca buruk untuk tidak memaksakan diri pergi melaut. Jika dipaksakan, sambung Hidayat, meminta agar memperhatikan kondisi kapal dan perlengkapannya. 

“Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kelayakan kapal serta memperhatikan kondisi cuaca sebelum melaut,” imbuhnya. 

“Selain itu, kondisi alat navigasi dan komunikasi harus dipastikan berfungsi dengan baik. Serta, menyiapkan alat-alat keselamatan seperti pelampung perlu diperhatikan,” tambahnya. 

Lanjut Hidayat menghimbau kepada para pendaki gunung, agar menunda dulu kegiatan mendakinya jika cuaca belum memungkinkan. 

“Apabila tidak terlalu mendesak, ditunda dulu. Selalu mengikuti aturan dan selalu waspada karena keselamatan merupakan hal yang penting,” pungkasnya. (ali/kn).

Tinggalkan Balasan