Kades Laywo Jaya Konkep, Raih Gelar Hakim Desa

KENDARINEWS.COM—Kepala Desa Laywo Jaya, Kec. Wawonii Timur Konawe Kepulauan Timur (Konkep) mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai Hakim Perdamaian Desa atau Non Litigation Peacemaker (N.LP) . Penghargaan diberikan atas dedikasinya sebagai Kepala Desa dalam menyelesaikan konflik atau sebagai juru damai ditengah masyarakat Desa Laywo Jaya. 

Kepala Desa Laywo Jaya, Sulham SH., MH., N.LP mengatakan Paralegal Academy tahun 2023 ini diikuti oleh 30 Provinsi seluruh Indonesia dan diikuti sebanyak 765 orang. Dimana nantinya terpilih 73 sebagai peserta terbaik mendapatkan Gelar N. LP, yang salah satunya yakni Desa Laywo Jaya. 

“Alhamdulillah dengan penghargaan sebagai Non Litigation Peacemaker (Juru Damai Desa) partisipasi dan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah bisa tetap terjalin, dimana hal ini guna mewujudkan desa yang aman, nyaman dan damai sehingga desa Laywo Jaya bisa menjadi contoh untuk desa yang lain. Selain itu prestasi nasional yang saya dapatkan ini dipersembahkan untuk Konkep yang lebih bangkit lagi,” ujar Kades Laywo Jaya Sulham saat ditemuin (8/6).

Dia mengungkapkan, dengan adanya program pemerintah pusat yang mengadakan Paralegal academy, ini bisa membuka ruang kepada kades dan lurah lebih berperan aktif dalam memberikan pelayanan dari sisi hukum dan penyelesaian masalah tingkat Desa dengan legitimasi yang jelas. 

“Dengan adanya legalitas hukum yang cukup saya berharap kedepan pemda Konkep bisa membuat terobosan membentuk Desa masyarakat sadar Hukum yang di dukung oleh kabag Hukum, sehingga bisa melahirkan Perda atau Perbup Desa sadar hukum. Karna ketika Desa bagus dalam pemahakan hukum maka Desa akan aman dan damai dari sisi konflik maupun percepatan investasi pasti lebih mudah karna pemahaman tentang hukum yang cukup,” ungkapnya. 

Dia berharap, nantinya ditahun 2024 akan muncul lagi Kepala Desa dari Konkep yang bisa mengikuti ajang bergengsi tingkat nasional yang di selengarakan BPHN Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung. Sehingga Citra Konkep dimata Nasional itu bisa lebih baik dari hari ke hari, bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun. 

“Kegiatan para legal ini sangat baik untuk di ikuti, yang mana ini akan menambah pengetahuan para kades dan lurah. Dimana dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, kita akan banyak mendapatkan ilmu dari para pemateri Hakim-Hakim Agung dan Profesor ahli-ahli hukum ternama,” pungkasnya. (jib/kn)

Tinggalkan Balasan