Dekatkan Pelayanan Melalui Poskesdes

KENDARINEWS.COM — Kesehatan masyarakat menjadi bagian utama dan skala prioritas program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim). Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), pelayanan kesehatan terus dimaksimalkan sampai tingkat desa atau kelurahan. Kepala Dinas Kesehatan Koltim, Barwik Sirait, memastikan, pelayanan kesehatan masyarakat tetap menjadi skala prioritas Pemkab. Salah satunya dengan menyiapkan 13.000 kartu sehat daerah dan pemberian pelayanan secara prima baik di Puskesmas sampai Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

“Kami selalu berharap, jangan ada masyarakat yang sakit. Tapi jika sakit, segera datang berobat ke pelayanan kesehatan terdekat. Sebelum sakit supaya rutin mengecek kesehatannya di Puskesmas terdekat,” saran Sirait, Senin (3/4). Ia mengaku, saat ini sentra pelayanan kesehatan dilakukan di Posyandu desa atau kelurahan dan sentra terpadu lainnya. Pelayanan yang diberikan seperti tensi, imunisasi dan lainnya telah disiapkan pihak Dinkes.

“Pelayanan di Poskesdes sebagai upaya Pemkab Koltim mendekatkan pelayanan. Masyarakat bisa kontak langsung dengan fasilitas kesehatan untuk memanfaatkan kartu BPJS yang dimiliki. Sebab jika kartu BPJS tidak digunakan selama tiga bulan, bisa dinonaktifkan. Jadi sebainya masyarakat rutin datang ke Poskesdes untuk memeriksakan kesehatannya di sana,” tandas Sirait. (kus)

Tinggalkan Balasan