oleh

Jembatan Kuning Pasbar Segera Difungsikan

KENDARINEWS.COM–Satu sisi Jembatan kuning pasar baru sebentar lagi tuntas dikerjakan. Artinya jembatan tersebut bakal berfungsi maksimal. Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah Sulawesi memastikan itu.

Kasatker SKPD Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Naswar Farouk Djafar mengungkapkan itu pada Rabu (24/1) kemarin.

“Terkait kelanjutan pembangunan jembatan Pasbar yang belum difungsikan, tahun ini insyaallah kita akan fungsikan, ” ungkapnya.

Adapun untuk masalah pembebasan lahan yang sempat menjadi hambatan, Naswar menjelaskan sebelumnya telah dituntaskan oleh Pemprov Sultra di akhir tahun 2022 lalu.

“Masalah sengketa lahan sudah tuntas, kebetulan kami bersama pihak Pemprov  beberapa hari lalu  sudah turun untuk mengukur dan melihat sejauh mana lahan yang dibutuhkan sesuai desain untuk pemanfaatan secara keseluruhan jembatan tersebut, ” jelasnya.

Adapun tahap selanjutnya, sambung pria yang karib disapa Naswar ini, saat ini jembatan tersebut sudah masuk tahap  tender di alai Pelaksana Pemilihan Jasa Kontruksi (BP2JK).

“Dan di awal tahun ini sudah dilaksanakan tahap perencanaan desainnya. Bahkan sekarang sudah masuk tahap lelang, ” katanya.

Adapun jumlah anggaran yang disiapkan untuk pengerjaan sisi jembatan yang belum berfungsi itu, sebesar Rp 4,8 miliar.

“Untuk difungsionalkan, sudah ada anggarannya. Jadi nanti disitu mulai dari jejeran Bank BRI sampai jembatan akan segera dikerjakan.

Adapun jenis pengerjaan itu meliputi, penimbunan, pembuatan talud pengaspalan, pelebaran badan jalan yang menghubungkan jembatan tersebut. Juga ada penyesuaian eksisting jembatan.

“Kemudian ada juga pelebaran sedikit yang menuju ke Kampus UHO, terus untuk median jalan akan digeser sedikit. Termasuk disitu juga ada tiang listrik yang harus ditata agar jembatan itu bisa berfungsi optimal, “terangnya.

Pihaknya menargetkan untuk pengerjaannya dimulai pada Januari  dan dipastikan selesai hingga Agustus 2023.

“Sekarang kan sudah tahap lelang, InsyaAllah bulan Februari sudah mulai dikerja. Kita berharap ini bisa berjalan tanpa hambatan agar segera difungsikan dan dinikmati oleh masyarakat, ” tambahnya.

Untuk diketahui, terkait belum difungsikannya jembatan pasbar tersebut sempat mendapat sorotan dari berbagai pihak, baik dari pihak DPRD dan masyarakat pengguna jalan. Pasalnya jembatan tersebut telah tuntas dikerjakan sejak tahun 2017. Namun dalam perjalanannya mengalami sedikit hambatan soal pembebasan lahan warga, kini semua perlahan dituntaskan, dan segera difungsikan.(Kam/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar