oleh

34 Posyandu Prima untuk Enam Kecamatan

KENDARINEWS.COM — Pemenuhan untuk memeroleh kesehatan bagi semua masyarakat merupakan hak mutlak yang haru dipenuhi pemerintah. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya memerkuat pelayanan kesehatan hingga ke pelosok desa. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membangun sebanyak 34 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada enam kecamatan di Pulau Wawonii tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Konkep, Sastro, mengatakan, pada tahun ini Pemkab mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun Posyandu Prima. Fasilitas tersebut diprioritaskan untuk desa yang belum memiliki pos pelayanan kesehatan. “Terdapat 34 titik atau desa yang menjadi sasaran pembangunan Posyandu Prima. Nantinya memiliki fasilitas lengkap mulai dari bangunan, penataan halaman, air bersih dan pelengkap lainnya di dalam ruang pelayanan,” jelas Sastro, Selasa (24/1).

Ia merinci, pembangunan Posyandu dari DAK itu tersebar pada enam kecamatan. Di Wawonii Barat sebanyak lima Posyandu, Wawonii Tengah empat Posyandu, Wawonii Tenggara delapan Posyandu, Wawonii Timur lima Posyandu, Wawonii Timur Laut ada dua dan Wawonii Utara sebanyak 10 titik sasaran pembangunan. “Dari tujuh kecamatan di Konkep, hanya Wawonii Selatan yang tidak dapat. Sebab belum masuk lokasi prioritas (Lokpri) pembangunan. Insya Allah kedepan akan diperjuangkan,” tandas Sastro.

Sementara itu Sekretaris Dinkes Konkep, Bisman, menambahkan terkait persiapan pembangunan Posyandu Prima tersebut, Pemkab melalui instansinya telah memenuhi semua persyaratan pendukung. Termasuk ketersediaan lokasi yang menjadi salah satu syarat utama dari Kementerian Kesehatan. “Lahan atau lokasi pembangunannya sudah clear, Insya Allah tahun ini terlaksana. Setelah selesai pembangunannya, kemudian akan diserahkan ke desa yang menjadi sasaran untuk dilakukan perawatan agar pelayanan kesehatan dalam hal ini Posyandu berjalan maksimal. Kalau pelayan atau tenaga kesehatannya tetap dilayani dari Puskesmas masing-masing,” timpal Bisman. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan