Tiga Desa di Kolaka Masuk Kategori Tertinggal

KENDARINEWS.COM–Di Bumi Mekongga Kolaka ternyata masih ada desa yang berstatus tertinggal. Hal itu dikemukakan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kolaka, Rahmat Hidayat.

Rahmat mengungkapkan, desa yang masuk kategori tertinggal tersebut adalah Desa Pondouwae di Kecamatan Polinggona, serta Desa Mataosu dan Desa Mataosu Ujung di Kecamatan Watubangga. Kata dia, desa tersebut masuk predikat tertinggal karena sarana dan prasarana di dua tersebut belum memadai.

“Ada beberapa indikator sehingga desa tersebut dikategorikan desa tertinggal. Adapun yang menjadi penyebab tiga desa tersebut masuk kategori desa tertinggal yaitu karena infrastruktur dan jaringan atau sinyalnya belum baik. Jadi itu mempengaruhi penilaian,” jelasnya.

Mantan Camat Polinggona tersebut menambahkan, dengan dikategorikannya tiga desa tersebut sebagai desa tertinggal, maka hal itu bisa berdampak pada besaran kucuran anggaran untuk desa tersebut. Sebab kata dia, besaran alokasi dana desa (ADD) juga dilihat dari predikat desa.

“Dalam ADD itu ada alokasi kinerja dan itu berhubungan dengan predikat desa. Desa tertinggal itu biasanya lebih sedikit. Tapi ada juga paramater lainnya, seperti jumlah penduduk dan luas wilayah dan lain sebagainya,” tutur Rahmat.

Meskipun di Kabupaten Kolaka masih terdapat desa tertinggal, namun di sisi lain, juga terdapat desa yang sudah berpredikat mandiri. “Desa yang berpredikat mandiri tersebut ada dua yaitu Desa Tamboli dan Desa Iwoimendaa,” ungkap Rahmat. (kn)

Tinggalkan Balasan