oleh

Berhasil Tekan Inflasi, Sultra Menjadi Terbaik Nasional Dapat Reward Rp 10 Miliar

KENDARINEWS.COM–Pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan secara virtual bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menekan laju inflasi dan menjadi terbaik nasional. Sultra berada diperingkat empat. Sedangkan Pemkot Kendari berada diperingkat tujuh untuk level kabupaten

Pemerintah pusat pun memberikan reward berupa Dana Insentif Daerah (DID) kepada Pemprov Sultra sekira Rp10,44 miliar dan Pemkot Kendari sekira Rp10,45 miliar. Prestasi Pemprov Sultra itu tak
lepas dari ikhtiar penuh duet Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakil

Tak hanya mengumumkan 10 provinsi terbaik pengendali inflasi daerah, Kemenkeu juga memberikan hadiah bagi provinsi dan kabupaten yang berhasil menekan laju inflasi di bawah rata-rata nasional. Kemenkeu memberikan reward Dana Insentif Daerah (DID).

Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio membenarkan pencapaian prestasi Pemprov Sultra itu berkat kerja keras Gubernur Sultra bersama jajaran dalam menekan inflasi daerah.

“Masyarakat Sultra tentu bangga dan sangat mengapresiasi reward yang diberikan pemerintah pusat. Ini bukti TPID yang dinakhodai gubernur bekerja dengan baik dan berhasil mengendalikan
inflasi,” ujarnya Selasa (27/9), kemarin.

Dalam rapat virtual, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengumumkan daerah yang mendapat hadiah berupa DID karena telah berhasil mengendalikan inflasi. Rata-rata pemerintah daerah mendapatkan Rp10,32-Rp10,83 miliar. “Pemerintah memberikan reward dalam bentuk DID. Untuk daerah yang bisa mengendalikan dan menekan inflasinya lebih baik dari nasional, kita rangking dan kita berikan reward atau dalam hal ini hadiah,” kata Menteri Sri Mulyani.

Menurut Menkeu, hadiah diberikan bagi daerah yang ratarata memiliki kenaikan inflasi dari Mei sampai bulan Agustus hanya sebesar 0,26 persen, lebih rendah dari kenaikan inflasi nasional yang sebesar 1,14 persen.

“Ada 10 Provinsi yang memperoleh Rp10 Miliar dari Kementerian Keuangan RI. Salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp10,44 miliar,” sebut Menteri Sri Mulyani.

Selain level provinsi, Menteri Sri Mulyani mengungkapkan terdapat 14 kabupaten/kota yang mendapat reward karena telah berkinerja baik menekan angka inflasi. “Salah satunya adalah Pemkot Kendari dan berhak mendapat DID sebesar Rp10,45 miliar,” ungkapnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan