oleh

Presiden Jokowi Minta Polri Bekerja Hati-hati

KENDARINEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Polri untuk bekerja dengan hati-hati. Menurut Jokowi, kinerja dan perilaku Polri setiap saat selalu dalam pengamatan rakyat.

“Kewenangan Polri sangat besar, organisasi Polri menembus sampai ke tingkat desa dan setiap hari anggota Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat, di manapun saudara-saudara bertugas, saudara-saudara selalu dalam pengamatan rakyat, saudara-saudara dalam penilaian rakyat, rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7).

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, lanjut Jokowi, menilai tugas dan fungsi Polri sebanyak 58 persen sudah sesuai visi Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi, Berkeadilan (Presisi). Namun, ada 28 persen yang menyatakan kinerja Polri belum sesuai.

“Survei terbaru Kompas kemarin saya melihat 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai dengan visi presisi. Tapi ingat ada 28,6 persen menyatakan belum selesai,” papar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengaku terus mengikuti pemberitaan di media massa mengenai kinerja Polri. Karena itu, Jokowi meminta Polri bekerja dengan hati-hati.

“Selain membaca survei, saya juga terus mengikuti pemberitaan di media konvensional dan media sosial. Setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun itu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Oleh karena itu, bekerjalah dengan hati-hati, bekerjalah dengan presisi,” tegas Jokowi menandaskan.

Sebagaimana diketahui, Jokowi menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara Tahun 2022, Selasa (5/7). Upacara Hari Bhayangkara kali ini dipusatkan di Akademi Kepolisian (Akpol) RI Kota Semarang, Jawa Tengah. (jpg)

Komentar

Tinggalkan Balasan