oleh

La Bakry: Lokasi Ibu Kota Buton Bakal Pindah, Tapi Masih di Pasarwajo

KENDARINEWS.COM–Wajah Ibu kota Kabupaten Buton, Pasarwajo dinilai belum menunjukkan kesan sebagai pusat kota. Kawasan itu pun kurang representatif untuk pengembangan wilayah. Pasalnya lokasinya berada di dataran rendah.

Bupati Buton, La Bakry, mengaku sudah memperoleh dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah menyiapkan kawasan ibu kota baru. Lokasinya masih di Kecamatan Pasarwajo, tetapi titiknya berada di ketinggian. Pemerintah pun mulai mematangkan lokasinya. Jalan sudah dibuka, infrastruktur publik telah didesain.

“Kita sengaja buka jalan, itu sudah pengerasan. Supaya masyarakat yang sudah punya tanah di sana bisa buat rencana untuk membangun. Pak Gubernur akan memberikan stimulus bantuan perumahan, baik dari provinsin dan pusat,” jelas La Bakry, Minggu (26/6).

Lokasi dimaksud membentang dari Kelurahan Lapodi hingga Takimpo. Jalannya akan menembus perkantoran Takawa. Di sana Pemkab Buton akan memusatkan venue olahraga yang perdana digunakan nanti pada perhelatan pekan olahraga tingkat provinsi.

“Harapan kita kalau sudah tersedia infrastruktur publik, proses pemindahannya nanti akan lebih mudah,” sambungnya.

Ia mengaku, pemerintah sudah mendesain lokasi ibu kota baru dengan berbagai pertimbangan. Meski terlalu jauh dari titik kota saat ini, namun dipastikan jauh lebih aman dari ancaman banjir atau pendangkalan teluk.

“Ini jelas ada pro kontra. Tapi saya ingat waktu bangun kantor di Takawa dulu, itu demonya berjilid-jilid. Tapi pada akhirnya disadari manfaatnya. Begitu juga kota baru yang sementara dibangun sekarang,” pungkasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan