oleh

Kolaborasi dengan Spotify, Kemenkominfo Hadirkan kelas Podcast tema Olahraga

KENDARINEWS.COM — Di tengah maraknya podcast sebagai platform dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast terbaru yang kali ini mengangkat tema olahraga. Program peningkatan keterampilan khusus melalui program podcast gratis ini akan diadakan secara daring mulai 19 Maret hingga 3 April 2022 dan akan melibatkan berbagai narasumber terkemuka.

Berkolaborasi dengan Spotify, Kemenkominfo hadirkan kelas podcast bertema olahraga
Pertumbuhan Pesat Podcast di Indonesia

Dikutip dari Global Web Index (GWI), Indonesia menempati urutan kedua untuk pendengar podcast terbanyak di dunia pada kuartal ketiga tahun 2021, dengan 35,6% pengguna internetnya mendengarkan podcast setiap minggunya. Lebih lanjut, survei jaringan Box2Box pada tahun 2020 juga mengungkapkan bahwa podcast bertema olahraga termasuk salah satu konten yang paling banyak dicari.

“Menjawab pertumbuhan yang pesat ini, kami melihat literasi digital sebagai komponen kunci yang harus dimiliki setiap pembuat konten agar dapat menghasilkan karya yang berdampak positif. Kami percaya bahwa inisiatif ini akan menghadirkan tolak ukur baru, khususnya dalam memahami literasi digital, untuk terus membangun industri pembuatan konten di masa depan,” ujar Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Aptika Kekominfo.

Seri Podcast Terbaru, Targetkan Calon Podcaster Olahraga Andal di Indonesia

Sebagai rangkaian kedua dari Kelas Podcast Siberkreasi 2022, kelas podcast ini akan mengupas dasar-dasar pembuatan podcast audio yang berkualitas, dengan aplikasi khusus untuk membuat podcast bertema olahraga. Kelas-kelas tersebut tidak hanya menargetkan masyarakat umum, tetapi juga komunitas dan klub – termasuk klub olahraga yang tertarik untuk merilis podcast bertema olahraga.

Sesi pertama dari kelas podcast bertajuk “Pengantar Podcast untuk Olahraga” ini akan diselenggarakan pada Sabtu 19 Maret 2022 dengan menghadirkan Tio Utomo, pendiri Box2Box Podcast Network sebagai pembicara utama. Sesi kedua yang akan dilaksanakan pada Minggu 20 Maret 2022 akan lebih mendalami topik “Tips dan Trik Menjadi Podcaster Olahraga” yang akan dipandu oleh Randy Arbiyantama dan Febri Aryadi, Host podcast Retropus.

Selanjutnya peserta juga akan diajak untuk “Memahami Etika Podcaster di Dunia Olahraga” untuk sesi ketiga yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Maret 2022. Sesi keempat “Modal Komentator Olahraga: Boleh Provokatif Asal Tetap Suportif,” akan dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Maret 2022.

Sesi 5 dan 6 untuk serial ini akan dilaksanakan pada hari Minggu pertama di minggu pertama bulan April yang jatuh pada tanggal 2 dan 3 April 2022. Sesi tersebut bertajuk “Promosi Podcast di Media Sosial” dan “Sudah Siap Menjadi Podcaster Olahraga.”

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui https://s.id/siniarolahraga. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kegiatan literasi digital lainnya yang diadakan oleh Siberkreasi, kunjungi info.literasidigital.id.
TENTANG LITERASI DIGITAL KEMENTERIAN KOMINFO DAN SIBERKREASI

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi berupaya untuk merealisasikan visi masyarakat Indonesia yang cakap digital.

Inisiatif ini telah menghadirkan banyak program literasi digital, dengan berbagai kelas-kelas dan pelatihan yang gratis dan terbuka untuk umum secara daring maupun luring. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui info.literasidigital.id.

TENTANG SPOTIFY

Spotify telah mengubah cara mendengarkan musik sejak peluncurannya pada 2008. Temukan, kelola, dan bagikan lebih dari 70 juta lagu, termasuk lebih dari 3,2 juta judul podcast, secara gratis, atau tingkatkan keanggotaan ke Spotify Premium untuk mengakses fitur eksklusif, termasuk mendengarkan dengan kualitas suara lebih baik serta merasakan pengalaman mendengarkan musik berdasarkan permintaan, secara luring, serta tanpa iklan. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed