Eks Loka Litbang Asbuton kini Milik Perumda

KENDARINEWS.COM — Kantor Loka Litbang Asbuton milik Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Desa Mantowu, Kecamatan Pasarwajo, kini menjadi aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. Gedung yang dibangun tahun 2015 lalu itu awalnya berfungsi sebagai tempat riset penelitian dan juga sertifikasi Asbuton. Sejak setahun lalu, kantor tersebut tanpa aktivitas lagi, bahkan sudah ditumbuhi rerumputan.

Bupati Buton, La Bakry, menjelaskan, karena ada peleburan nomenklatur kelembagaan nasional, Loka tersebut tak punya instansi lagi yang membawahinya. Sehingga, aset itu pun sudah diserahkan ke Pemkab Buton. “Litbang dihapus dan dilebur semua ke Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Jadi Loka Asbuton tidak bisa lagi dibawahi Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan). Makanya, bulan kemarin (aset itu) sudah diserahkan ke Pemkab,” kata La Bakry, Senin (14/3).

Bupati Buton, La Bakry (tengah) saat menerima penyerahan aset Loka Litbang Asbuton dari Kementerian PUPR. Aset tersebut akan dimanfaatkan Pemkab untuk kantor Perumda.

Rencananya lanjut La Bakry, kantor tersebut akan difungsikan sebagai gedung Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Sebab sejak dikukuhkan akhir Desember 2021 lalu, Direksi Perumda belum memiliki kantor. “Rencananya untuk Perumda,” sambungnya. Lanjut dia, ke depan Perumda akan mengambil peran sentral pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) pada sektor tambang aspal Buton. Olehnya itu, kehadiran fasilitas uji kualitas aspal di kantor itu tetap akan dimanfaatkan. “Sekaligus juga difungsikan dengan peralatan di sana sebagai bagian dari penerimaan daerah apabila digunakan sebagai bahan uji kualitas dan sebagainya,” pungkas La Bakry. (b/lyn)

Tinggalkan Balasan