Seluruh ASN Pemkab Koltim Wajib Vaksin!


KENDARINEWS.COM — Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), diwajibkan menjalani vaksinasi Covid-19. Terkecuali bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit bawaan dan dinyatakan tak layak untuk divaksin. Penegasan tersebut disampaikan Pj. Bupati Koltim, H. Sulwan Aboenawas. Ia menginstruksikan ASN yang belum juga divaksin supaya segera mengunjungi pusat pelayanan kesehatan.

Pj. Bupati Koltim, H. Sulwan Aboenawas (kedua dari kanan) saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di
Kelurahan Rate-Rate.

“Jika belum divaksin, jangan layani dulu kepentingan administrasinya. Kita harus tegas dalam memutus mata rantai Covid-19. Meskipun daerah kita berada pada level II, tetapi tetap harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan,” tegas Sulwan Aboenawas, Rabu (23/2). Ia merinci, data vaksinasi secara nasional menunjukkan, capaian Koltim masih 60,75 persen pada vaksin pertama dan vaksin kedua 42 persen. “Sehingga perlu dilakukan gerakan vaksinasi massal. Camat, lurah dan kepala desa harus terus mengimbau masyarakat untuk datang vaksin. Masyarakat yang belum mendapat vaksin segera didaftarkan untuk disuntikan imunisasi tersebut,” imbau Kadis Ketahanan Pangan Pemprov Sulawesi Tenggara itu.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Koltim, Barwik Sirait, mengatakan, secara keseluruhan warga telah menerima vaksin sebanyak 82 persen dari jumlah penduduk yang ada. Menurutnya, warga Koltim banyak mengikuti program vaksinasi dari TNI dan Polri yang terdaftar di Kabupaten Kolaka. “Diperkirakan, sekitar 23 ribu warga Koltim belum menerima vaksin dosis satu. Tetapi data masyarakat yang bertempat tinggal hanya sekitar 10 ribu orang saja. Sisanya ada yang sekolah di Kendari dan berada di luar Sulawesi Tenggara,” jelas Barwik. (b/kus)

Tinggalkan Balasan