DPRD Konut Minta Prioritaskan Pengadaan Bibit Sawit

KENDARINEWS.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Utara (Konut) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui intansi teknis untuk memprioritaskan pengadaan bibit kelapa sawit. Terutama bagi tiga kecamatan, yakni Langgikima, Landawe dan Wiwirano. Usulan tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Konut, Samir.

“Dari hasil reses pada tiga kecamatan, rata-rata usulan warga adalah pengadaan bantuan bibit kelapa sawit. Mengingat di wilayah tiga kecamatan itu banyak lahan tidur, makanya kita dorong penanaman kebun kelapa sawit secara mandiri sehingga menjadi lahan produktif,” ujar Samir, Rabu (23/2). Anggota DPRD tiga periode itu menjelaskan, harga kelapa sawit saat ini mengalami tren peningkatan dengan harga tandan buah segar (TBS) Rp 3.000/kilogram. Prospek tersebut diminati petani kelapa sawit.

Ilustrasi

“Alhamdulillah, usulan tersebut direspon positif oleh Pemkab Konut. Bahkan pemerintah akan merealisasikan usulan bantuan pengadaan bibit kelapa sawit pada tahun depan berdasarkan program usulan. Saya meyakini, setiap usulan dari bawah pasti direalisasikan oleh pemerintah,” optimis Ketua DPC Partai Hanura Konut tersebut. Hal senada juga diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Konut, Herman Sewani. Ia menuturkan, selain usulan pengadaan bibit kelapa sawit, usulan lain yang dibutuhkan warga desa pada tiga kecamatan tersebut, menyangkut sarana dan prasarana jalan.

Terutama peningkatan ruas jalan yang menghubungkan antara satu desa dengan lainnya. “Untuk peningkatan jalan tahun ini, akan direalisasikan Pemkab berdasarkan usulan pada 2021 lalu. Sekarang lagi usulan, tetap pembukaan peningkatan jalan di wilayah yang belum ditingkatkan,” timpal Ketua DPC PBB Konut itu. (b/min)

Tinggalkan Balasan