Pemberhentian Bupati dan Wabup Muna Diusul, Rusman – Malik Ditu Masuk AMJ

Muna
Paripurna Pemberhentian Bupati dan wakil Bupati Muna periode 2016 – 2021

KENDARINEWS.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Muna menggelar rapat paripurna pemberhentian LM. Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu dari jabatannya sebagai Bupati dan wakil Bupati Muna. Rusman – Malik akan diberhentikan karena akan memasuki akhir masa jabatan (AMJ).

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD, La Saemuna, Wakil Ketua I Cahwan dan Wakil Ketua II Natsir Ido berikut anggota. Sedangkan Pemerintah Daerah diwakili Asisten III Ali Basa dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah. Para unsur forum komunikasi pimpinan daerah juga ikut hadir dalam rapat yang digelar di aula DPRD Muna, Rabu (30/6).

“Pemberhentian LM. Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Tenggara,” kata Saemuna.

Ketua DPRD dari partai Hanura itu menambahkan, pemberhentian tersebut sudah diatur sebagaimana dalam Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Pemberhentian tersebut akan diumumkan oleh pimpinan DPRD dan disampaikan kepada Menteri melalui Gubernur.

“Sebagaimana diketahui, LM. Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu akan berakhir masa jabatannya pada 2 September 2021 mendatang,” jelasnya.

Diketahui, LM. Rusman Emba dan Malik Ditu dilantik sebagai Bupati dan wakil Bupati Muna sejak 2 September 2016 lalu. Masa jabatan tersebut adalah periode pertama bagi Rusman. Sedangkan bagi Malik Ditu sendiri merupakan periode kedua sebagai Wakil Bupati setelah tahun 2010 – 2015 lebih dulu mendamping mendiang LM. Baharuddin untuk jabatan yang sama.

“DPRD Muna bersifat hanya menyampaikan dan mengumumkan, sedangkan surat keputusan pemberhentian itu akan dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri saat akhir masa jabatan, 2 September 2021,” tambah Saemuna.

LM. Rusman Emba sendiri kembali memenangkan Pilbup Muna untuk periode 2021-2026. Untuk periode keduanya tersebut, Rusman akan didampingi Wabup terpilih Bachrun Labuta. (Ode)

Tinggalkan Balasan