Pilkades di Buton Digelar Oktober

KENDARINEWS.COM — Setelah ditunda karena wabah covid-19 tahun 2020 lalu, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton, kembali dijadwalkan. Bupati Buton La Bakry sudah meneken peraturan bupati untuk melegalkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat memulai tahapan Pilkades.

Kepala DPMD Kabupaten Buton Murtaba Muru membenarkan hal itu. Kata dia, pihaknya kini sudah menyosialisasikan perihal pemilihan tersebut kepada desa-desa sebagai peserta. Pendaftaran bakal calon kepala desa akan dibuka mulai 8 Juli hingga agustus mendatang.

Sementara hari pencoblosan diagendakan 14 Oktober nanti.

“Sekarang tahapannya sudah kita mulai April kemarin, diawali dengan sosialisasi,” katanya.

Murtaba Muru
Kepala DPMD Kabupaten Buton

Lanjut dia, warga yang berminat menjadi pemimpin di desa sudah bisa mempersiapkan diri. Sebab pendaftaran akan dibuka awal Juli.
Untuk diketahui, Pilkades akan digelar di 23 desa pada 6 kecamatan. Mines Kecamatan Wolowa yang kadesnya masih definitif. Sedangkan di Kecamatan Pasarwajo, terdapat 7 desa yang dinakhodai penjabat kepala desa. Enam desa di Kecamatan Kapontori tercatat akan menggelar Pilkades. Selebihnya dari Kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, Wabula dan Siontapina. (lyn/b)

Tinggalkan Balasan